Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 3 Percontohan Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Pada Materi Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad SAW

Penulis

  • Azizah

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karena siswa masih kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa yang kurang mandiri dalam pembelajaran sehingga siswa tidak mampu berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa pun masih kurang pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas IV UPTD SD Negeri 3 Percontohan  pada materi Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad Saw dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV UPTD SD Negeri 3 Percontohan berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: terdapat peningkatan hasil belajar terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran sudah membaik dari siklus ke siklus. Terdapat peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi guru siklus I sebesar 77,88% dan meningkat menjadi 92,16% siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa siklus I sebesar 71,26% dan meningkat menjadi 90,44%.  Selain itu setelah semua kegiatan pembelajaran dilakukan, penggunaan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending pada materi Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad Saw ternyata mendapat respon positif dari siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Azizah

SDN3 Percontohan Peusangan

Referensi

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., & Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5398-5408.

Azizah, dkk. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model CORE Bernuansa Konstruktivitis Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Universitas Negeri Semarang.

Calfee, et al. 2010. Making Thingking Visible. National Science Education Standards. University of California, Riverside.

Calfee, et al. 2010. Making Thingking Visible. National Science Education Standards. University of California, Riverside.

Carvina, M., Iqbal, M., Khairani, C., Muharramsyah, R., & Marisa, R. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Islami di Sekolah Dasar. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(04).

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jacobs, L.C. & Razavieh, A. 2005. Introduction to Research in Education. 3 rd. New York: Holt, Rinerhart and Winston.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J.2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J.2015. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Qadar. 2015. Problematika Impelementasi Penilaian autentik kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SD N Ploso 1 Pacitan. Al-Idaroh, 1(2), 18–41.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Berkurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Berkurikulum 2013. Yogyakarta : AR-RUZZ Media.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Surya. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suyatno.2009. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pusaka.

Syah Muhibbi, 2015. Psikolgi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wena. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Azizah. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 3 Percontohan Melalui Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Pada Materi Sebab-Sebab Hijrah Nabi Muhammad SAW. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2963

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian