UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV UPTD UPTD SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN

Penulis

  • Sri Wahyuni

Kata Kunci:

Pemahaman, Model Group Investigation, Asmaul Husna.

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi karena ketidakpahaman siswa terhadap penjelasan guru pada materi Asmaul Husna, siswa kurang dilatih dalam memahami contoh-contoh berhubungan dengan materi pelajaran sehingga peneliti menggunakan model pembelajaran Group Investigation. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatkan pemahaman siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa kelas IV UPTD UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan pada materi Asmaul Husna dengan model Pembelajaran Group Investigation. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV UPTD UPTD SD Negeri 9 Peusangan Selatan berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, lembar observasi dan angket. Teknik analisis data adalah tes hasil belajar, tes aktivitas guru dan siswa dan tes respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (1) Peningkatan pemahaman siswa terjadi peningkatan, pada siklus I persentase ketuntasan sebesar 61,91% dan sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 85,71%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Group Investigation pada pokok bahasan memahami asmaul husna dapat meningkatkan pemahaman siswa. (2) Peningkatan aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Ini terlihat dari hasil observasi siklus I dan II mengalami peningkatan dari pihak guru pada siklus I persentase sebesar 71,98% pada siklus II naik menjadi 92,26%. Sedangkan dari pihak siswa pada siklus I 71,50% juga mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,43%. (3) Hasil respon siswa dilaksanakan guru menggunakan Group Investigation diperoleh bahwa pada kriteria jawaban “ya” diperoleh sebesar 79,76% dan pada kriteria jawaban “tidak” diperoleh sebesar 20,24%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sri Wahyuni

SD Negeri 9 Peusangan

Referensi

Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristanto, A., Maq, M. M., Iqbal, M., Prananda, G., &Efrina, G. (2024). NEW LEARNING PARADIGM THROUGH KURIKULUM MERDEKA IN PRIMARY SCHOOLS.Pendas: JurnalIlmiah Pendidikan Dasar,9(1), 5398-5408.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Maidiyah dkk, 2008. Peneletian Tindakan Kelas, Banda Aceh: Darussalam.

Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nazaruddin, N., Muharramsyah, R., & Iqbal, M. (2024). PENERAPAN MODEL BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN NISAM ANTARA.Dharmas Education Journal (DE_Journal),5(1), 219-228.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono. Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Widodo. Widayanti. L. 2013. Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IViia Mts Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Fisika Indonesia. No. 49. Vol XVII.

Diterbitkan

2024-02-02

Cara Mengutip

Wahyuni, S. (2024). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS IV UPTD UPTD SD NEGERI 9 PEUSANGAN SELATAN. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(1). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2948

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian