MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVUPTD SD NEGERI 5 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG PADA MATERIASMAUL HUSNA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARANCONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakang oleh kemampuan siswa kelas IVUPTD SD Negeri 5 Peusangan Siblah Krueng pada materi asmaul husna yang masih tergolong rendah disebabkan kegiatan pembelajaran lebih banyak guru yang menjelaskan sedangkan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak terlibat aktif dengan menggunakan model Contektual Teaching and Learning diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatanhasil belajar siswa, aktivitas guru dan siswa, respon siswa pada materi asmaul husna di kelas IVUPTD SD Negeri 5 Peusangan Siblah Krueng. Pendekatanyang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar untuk hasil belajar peserta didik siklus I sebesar 55% kriteria kurang baik meningkat menjadi 90% kriteria sangat baik pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik kelas IVUPTD SD Negeri 5 Peusangan Siblah Krueng. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan peserta didik pada setiap siklus mengalami peningkat baik pada guru maupun pada proses peserta didik mengikuti pembelajaran, dengan nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 65,89% kriteria kurang siklus I meningkat menjadi sebesar 94,71% kriteria sangat baik pada siklus II. Untuk aktivitas peserta didik sebesar 60% kriteria kurang siklus I meningkat pada siklus II sebesar 91,76% kriteria sangat baik.Penggunaan model pembelajaran CTL dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik kelas IVUPTD SD Negeri 5 Peusangan Siblah Krueng sebesar 77% untuk kriteria senang dan kriteria tidak senang sebesar 23%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IVUPTD SD Negeri 5 Peusangan Siblah Krueng.
Unduhan
Referensi
Agus, S. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Diva Press.
Anonim, 2003. Pendekatan Kontektual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Giyarto, 2017. Guru Asmaul Husna. Klaten. Saka Mitra Kompetensi.
Jamaluddin.2011. Teknik Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran Bandung: Citapustakan Media Perintis
Lufri. 2020. Metodologi pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. malang. CV Irdh.
Poerbakawatja, S. 2007. Ensiklopedia Pendidikan. University of California. Gunung Agung
Rasidah, R., Iqbal, M., & Najmuddin, N. (2024). Strengthening Character Education Through the Application of Religious Culture to Support the Pancasila Student Strengthening Project (P5) in Junior High Schools.Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme,6(1), 176-196.
Rizal, M., Najmuddin, N., Iqbal, M., & Zahriyanti, Z. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Melalui Platform Digital Terhadap Siswa SD/MI di Kabupaten Bireuen.Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam,12(01).
Sugiyono, 2017. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG): Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: panitia sertifikasi guru rayon 13.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.(Cet. ke-IV). Jakarta. Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rauyani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.