Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Workshop Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 7 Bireuen
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru MIN 7 Bireuen Tahun Ajaran 2023/2024 dengan jumlah guru sebanyak 30 orang. Jumlah guru laki-laki adalah sebanyak 8 orang dan guru perempuan sebanyak 22 orang. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan pada tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian tindakan sekolah ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan September sampai dengan Desember 2023 pada semester ganjil. Dilaksanakan pada waktu tersebut karena tahun pejaran baru dimulai sekolah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan kegiatan Workshop terhadap guru atau melakukan kunjungan, melakukan penilian terhadap Kinerja Guru dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan melakukan penilian terhadap tanggung jawab guru. Alat pengumpulan data yaitu melalui daftar penilaian daftar observasi dan pedoman Penilaian Penetapan KKM dan daftar wawancara guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase Observasi Proses Pelaksanaan Workshop guru dari 72.25% pada siklus I meningkat menjadi 89.76% pada siklus II. Peningkatan Penetapan KKM mengalami peningkatan dari 53,33 yaitu Cukup pada siklus I meningkat menjadi 88.78% yaiyu Baik pada siklus II. penerapan Workshop pada Kinerja Guru Dalam Menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada MIN 7 Bireuen Tahun Ajaran 2023/2024.
Unduhan
Referensi
Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
August W. Smith, 2007. Psychological Testing: Design, Analysus, and Use. Boston: Allyn and Bacon.
Rahayu. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakaraya.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Masmedia Buana PustakaTarigan.
Usman, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: Darussalam
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hanafiah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.