Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah Produk Media Sains Mahasiswa Prodi PGSD Umuslim Bireuen

Penulis

  • Desy Sari Ayunda Universitas Malikussaleh
  • Novi Sari Liani
  • Lissa Zikriana
  • Erlia Hanum

Kata Kunci:

Cerpen. Discovery Learning, dan Hasil Belajar Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran blended learning berbasis literasi digital berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar pada mata kuliah produk media sains mahasiswa prodi PGSD Umuslim Bireun. Adapun rumusan masalahnya yaitu apakah model pembelajaran blended learning berbasis literasi digital berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan motivasi pada mata kuliah produk media sains mahasiswa prodi PGSD Umuslim Bireun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jumlah sampel 120 orang dengan 60 orang kelas kontrol dan 60 orang kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji t independen sample t test. Hasil penelitian menunjuk nilai sig.0,05>0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis literasi digital terhadap pemahaman konsep pada mata kuliah produk media sains mahasiswa prodi PGSD Umuslim Bireun. Aspek motivasi belajar hasil penelitian menunjuk nilai sig.0,05>0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis literasi digital terhadap motivasi belajar pada mata kuliah produk media sains mahasiswa prodi PGSD Umuslim Bireun.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Desy Sari Ayunda, Universitas Malikussaleh

Universitas Malikussaleh

Novi Sari Liani

Universitas Almuslim

Lissa Zikriana

Universitas Almuslim

Erlia Hanum

Universitas Almuslim

Referensi

Abdullah, W. (2018). Model Blended Learning Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 7(1), 855-866.

Amin, N. S., Rahmawati, A., Azmin, N., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa SMAN 2 Kota Bima. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5563-5567.

Anggraeni, H. (2019). Penguatan blended learning berbasis literasi digital dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190-203.

Awang Rizqi, U. (2022). Analisis Hambatan Pelaksanaan Blended Learning Pada Pembelajaran Biologi Di Sman 1 Lingsar (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Fauzi, A., & Yusuf, M. A. (2022).: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 140-157.

Hanelahi, D., & Atmaja, K. (2020). Literasi Digital Dalam Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Distance Learning Di Homeschooling. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(4), 112-129.

Handika, D., Priyanto, W., & Listyarini, I. (2021). Analisis Pembelajaran Blended Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Kendalsari Pemalang. Dimensi Pendidikan, 17(2).

Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin, S. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292-7302.

Landa, Implementasi Metode Pembelajaran Blended Learning Era Covid 19 Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Al-Huda Sukorejo Banyuwangi. Mumtaz Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh literasi digital guru dan manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718-734.

Masitoh, S. (2018). Blended Learning berwawasan literasi digital suatu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan membangun generasi emas 2045. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1377.

Mulyono, B., & Hapizah, H. (2018). Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 103-122.

Murtiyasa, B., & Sari, N. K. P. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Bilangan Berdasarkan Taksonomi Bloom. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2059-2070.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. Perspektif, 1(2), 195-202.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Ismawati, F. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 20-29.

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., Suharsono, N., Ekonomi, J. P., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh motivasi belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1-10.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 1(3), 280-286.

Rahmi, U & Azrul. (2022). Desain Dan Implementasi Blended Learning: Integrasi Teknologi dan Pedagogi. Yogyakarta :IKAPI

Sisdiknas. “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, (Online) http://www.hukumonline.com diakses 23 Januari 2015

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 269-283.

Utomo, D. P., & Wardani, C. (2021). Monograf Pemahaman Konsep Geometri Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal Dan Interpersonal. UMMPress.

Wahyuni, S. (2022). Peran Ilmu Alamiah Dasar dengan Model Blended Learning terhadap Literasi Digital. Penerbit NEM.

Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1).

Wirdayani, A., Kune, S., & Shaleh, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 133-142.

File Tambahan

Diterbitkan

2023-08-23

Cara Mengutip

Sari Ayunda, D., Liani, N. S., Zikriana, L., & Hanum, E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Literasi Digital Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Pada Mata Kuliah Produk Media Sains Mahasiswa Prodi PGSD Umuslim Bireuen. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 7(3). Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2168

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian