Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMA Kelas XI Materi Asam Basa

Penulis

  • Meriza Faradilla Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Khairul Rizal
  • Tawakal

DOI:

https://doi.org/10.51179/ltr2.v7i3.2116

Kata Kunci:

Pengembangan LKPD, inkuiri terbimbing, asam basa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing untuk peserta didik SMA kelas XI pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah  model penelitian yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang meliputi (1) research and information collecting (2) planning, (3) develop preliminary form of the product, (4)preliminary field testing, (5)main product revision, (6)main field testing, (7) operational product revision, (8) operational field testing, (9) final product revision, (10) dissemination and distribution. Penerapan LKPD dilakukan di SMAN 3 Banda Aceh dan SMA Inshafuddin Banda Aceh yang dipilih secara purposive sampling. Kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan ditinjau dari dua kelayakan yaitu secara teoritis dan empiris. Kelayakan secara teoritis melalui validasi ahli dan kelayakan empiris melalui uji keterbacaan terhadap bahan ajar LKPD. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar validasi ahli yang mencakup aspek materi, konstruksi/penyajian, dan bahasa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa aspek kelayakan materi sebesar 92% dengan kategori sangat valid, konstruksi/penyajian sebesar 98% dengan kategori sangat valid, dan aspek bahasa sebesar 70% dengan kategori valid, dengan perolehan rata-rata sebesar 86,67% dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan layak digunakan secara teoritis dan empiris dalam proses pembelajaran di kelas bagi peserta didik SMA kelas XI pada materi asam basa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Bina Bangsa Getsempena

Khairul Rizal

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Tawakal

Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

##submission.citations##

Aminullah, Witilar. H., Misna, dan Elihami. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Budaya Masserempulu Tema Keragaman Negeriku di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 3(1) : 25 - 30

Asni & Novita, D. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 4(1): 11-17.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1989. Educational Research. London: Longman Group.

Budiyono. A., dan Hartini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains . 4(2) : 141 – 149.

Kosasih. E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.

Kuhlthau, C. C., Maniotes, L. K., & Caspari, A. K. (2007). Guided inquiry: Learning in the 21st century. Libraries Unlimited.

Permana. H. dan Bakri. F. 2022. Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Terapan Pengabdian Masyarakat. 1(1) : 17 – 22.

Poon, C.-L., Lee, Y.-J., Tan, A.-L., & Lim, S. S. L. (2012). Knowing inquiry as practice and theory: Developing a pedagogical framework with elementary school teachers. Research in Science Education, 42(2), 303–327.

Rahmi, R., Hartini, S., & Wati, M. 2014. Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing dan multimedia pembelajaran IPA SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2): 240-256.

Sarini. P. dan Selamet. K. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. 13(1) : 27 – 39.

Septiani, D., Sumarni, W. & Saptorini. 2014. Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(8): 1340-1350.

Susanto, A., Raharjo., Prastiwi, S., & Muji. 2012. Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel Pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Jurnal Bioedu, 1(1): 1-6.

Trinaldi. A., Bambang, S.E.M., Rahma. F.A., Afriani. M., dan Rustam. 2022. Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. JURNAL BASICEDU. 6(6) : 9304 – 9314.

Wahyuni. Y., Edrizon, dan Fauziah. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pemanfaatan Geogebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 06 (1) : 1120-1130.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-08-02

##submission.howToCite##

Faradilla, M., Rizal, K., & Tawakal, T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk SMA Kelas XI Materi Asam Basa. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 7(3). https://doi.org/10.51179/ltr2.v7i3.2116

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian