IMPLEMENTASI PEMBINAAN KONSEPSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 JANGKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Penulis

  • Saiful Bahri AR

Kata Kunci:

Pembinaan Konsepsi, Kooperatif Tipe Think Pair Share

Abstrak

Metode penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart, yaitu berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perncanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan. Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas pada siklus I menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh guru dalam setiap aspek selama pembelajaran berlangsung adalah berkisar antara 3 sampai 4.Hal ini tidak mencapai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran cukup.Namun pada siklus II, terlihat bahwa nilai yang diperoleh guru dalam setiap aspek selama pembelajaran berlangsung adalah sudah berkisar antara 4 sampai 5.Hal ini sudah mencapai kategori kemampuan guru mengelola pembelajaran baik dan sangat baik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sementara itu dari hasil tes siklus II diperoleh data sebagai berikut: Ketuntasan belajar kelas XII MIPA-1 mencapai 86,69% atau 20 dari 23 siswa telah tuntas dalam belajar sementara pada siklus I hanya 60,87%. Ketuntasan belajar kelas XI MIPA-1 mencapai 88,46% atau 23 dari 26 siswa telah tuntas dalam belajar sementara pada siklus I hanya 65,38%. Ketuntasan belajar kelas X MIPA-1 mencapai 85,71% atau 24 dari 28 siswa telah tuntas dalam belajar sementara pada siklus I hanya 60,71%. Rata-rata ketuntasan belajar pada siklus II adalah 86,95% sementara pada siklus I hanya 62,42%. Dengan memperhatikan data-data penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembinaan konsepsi model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share telah mampu meningkatkan kualitas mengajar guru mata pelajaran matematika di SMA Negeri 1 Jangka tahun pelajaran 2021/2022 yang ditandai dengan meningkatnya tingkat ketuntasan belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.authorBiography##

Saiful Bahri AR

SMA Negeri 1 Jangka

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-05-31

##submission.howToCite##

Bahri AR, S. (2022). IMPLEMENTASI PEMBINAAN KONSEPSI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 JANGKA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 6(2), 26–30. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/1184

Terbitan

Bagian

Artikel Penelitian