Tingkat Pengetahuan Peternak Terhadap Penyakit Tympani Pada Ternak Sapi Di Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah

Authors

  • Ahmad Syakir Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Asmaul Husna
  • Haryadi Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Wenny Novita Sari Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Keywords:

Pengetahuan; Peternak; Tympani; Sapi, PMK

Abstract

Tympani atau kembung rumen merupakan gangguan sistem metabolik yang diakibatkan karena terakumulasinya gas yang berlebihan di dalam rumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan peternak terhadap penyakit tympani pada ternak sapi yang dilaksanakan di bulan September 2023 dengan jumlah responden 40 peternak. Analisis data untuk dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yaitu observasi dan survey serta pengisian kuesioner untuk mendapatkan nilai persentase (%) dari tingkat pengetahuan responden terhadap penyakit tympani pada ternak sapi. Data kemudian ditabulasi dan di analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada tingkat pengetahuan peternak (22,5%) responden yang menjawab sangat paham, (48,9%) responden menjawab paham dan (26,3%) menjawab tidak paham terhadap tindakan penanganan penyakit tympani. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan sebagai besar peternak sapi di wilayah  Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah sudah mempunyai pengetahuan yang bagus dalam penanganan  penyakit yang disebabkan karena tympani di ternak sapi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Syakir, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Pertanian dan Pertenakan,

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Asmaul Husna

Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Pertanian dan Pertenakan,

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Haryadi, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Pertanian dan Pertenakan,

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Wenny Novita Sari, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Peternakan, Fakultas Sains Pertanian dan Pertenakan,

Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

References

Adnan, D.T.J. 2018. Evaluasi Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi Berdasarkan Service Per Conception, non-Return Rate dan Jenis Semen Beku yang Digunakan di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Skripsi. Fakultas Peternakan, Universitas Mataram.

Aiello, S.E., and Moses, M. A. 2016. The Merck veterinary manual. Merck.

Aldiano V, 2016. Manajemen Kesehatan Kambing Perah di Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Jawa Timur. Skripsi. Program Studi Diploma III Kesehatan Ternak Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Surabaya.

Alim, S., L. Nurlina. 2007. Hubungan antara karaktersistik dengan persepsi peternak sapi potong terhadap inseminasi buatan. Jurnal Ilmu Ternak. 7(2):165-169.

Ananta, A., H. Hafid, dan L.O.A. Sani. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktifitas Usaha Ternak Sapi Bali pada Peternakan Transmigran dan non Transmigran di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana. J. Ilmu Ternak Tropika. 2(3): 52-67.

Annisa, N. N., Roslizawaty, Hamdan, C.D. Iskandar, Ismail, dan T.N. Siregar. 2018. Peran Peternak Terhadap Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi di Kabupaten Asahan. JIMVET. 2(1): 155-160

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, T., Abungamar, Siswadi, dan Y. Subagiyo. 2000. Studi perbaikan keuntungan peternak kambing perah di Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. J. Anim. Product. Edisi Khusus: 260-267.

Bani Ismail, Z. Al-Majali A., and Al-Qudah, K. 2007. Clinical and Sur-gical Findings and Outcome Fol-lowing Rumenotomy in Adult Dairy Cattle Affected with Recur-rent Rumen Tympany Associated with non-Metallic Foreign Bodies. American Journal of Animal and Veterinary Sciences, 2 (3), 66-71.

Dawit G., U. Paputungan dan A.J. Podun (2021). Pengetahuan Peternak tentang Pemahaman Keterkaitan Gejala Birahi dengan Keberhasilan Inseminasi Buatan pada Sapi di Kecamatan Pinolosian. Zootec. Vol.41 (2): 515-524.

Hastuti, D. 2008. Kajian Sosial Ekonomi Pelaksanaan Inseminasi Buatan Sapi Potong di Kabupaten Kebumen. Mediagro. 4(2):1-12

Hifiziah, A. dan Astuti. 2015. Analisis Faktor Keberhasilan Inseminasi Buatan Ternak Sapi Potong di Kecamatan Tomnolo Pao Kabupaten Gowa. J. Teknosains. 9(1): 13- 26.

Munda, S., Pandey, R., Bhojne, G.R., Dakshinkar, N.P., Kinhekar, A.S., Kumar, V., Ravikumar, R.K., and Kumar, V. 2016. Indigenous Knowledge Research System [IKRS] for treatment of bloat and its significance towards greenhouse gas emission: Jharkhand, India. Adv. Anim. Vet. Sci., 4(5), 241-249.

Rahman, M. M., Bhuiyan, M.M.U., Islam, T., and Shamsuddin, M. 2016. Efficacy of simethicone for treatment of bloat in ruminants. Asian J. Med. Biol. Res., 2(4), 635-638.

Ramaswamy, V., and Sharma, R.H. 2011. Plastic Bags Threat to Environment and Cattle Health: a Retrospective Study from Gondar City, Ethiopia. Special Issue IIOAB J., 2(1), 7-12.

Rick, J.R., Anderson, B.E., and Randle, R.F. 2010. Bloat Prevention and Treatment in Cattle. IANR.1-4.

Wang, Y., Majak, W., and McAllister, T.A. 2012. Frothy bloat in Ruminants: Cause, Occurrence, and Mitigation Strategies. Animal Feed Sci-ence and Technology, 172(1-2), 103-114.

Widiarso B.P., Sunarsih dan Meniati (2015). Respon Peternak Terhadap Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacing Gilig pada Ternak Kambing di Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Jurnal Pengembangan Penyuluhan Pertanian. Vol. 11 (22).

Winarsih, W. H. (2018). Penyakit Ternak yang Perlu Diwaspadai Terkait Keamanan Pangan. Jurnal Cakrawala. Vol 12 (2); 208-221.

Wirdahayati, R.B. 2010. Kajian kelayakan dan Adopsi Inovasi Teknologi Sapi Potong Mendukung Program PSDS: Kasus Jawa Timur dan Jawa Barat. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Bogor.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Syakir, A., Husna, A., Haryadi, & Sari, W. N. (2024). Tingkat Pengetahuan Peternak Terhadap Penyakit Tympani Pada Ternak Sapi Di Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2752

Issue

Section

Artikel Penelitian