Melalui Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor I Materi Beriman Kepada Hari Akhir Pada SMK Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara

Authors

  • Manawiyah

Keywords:

Metode Pembelajaran CTL dan Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan memungkinkan kita memperoleh informasi dengan melimpah, cepat dan mudah dari berbagai sumber dan tempat didunia, banyak faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa diantaranya motivasi dan minat belajar, dengan Penerapan Metode CTL dapat Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran PAI Materi Beriman Kepada Hari Akhir pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahap setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMK Negeri 1 Sawang semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan Melalui metode pembelajaran CTL pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Sawang. Siklus I siswa yang tuntas adalah 28 siswa (70%) dan yang tidak tuntas 12 siswa (30%), dengan demikian pelaksanaan siklus I belum berhasil dan perlu melakukan siklus II. Pada akhir tes siklus II siswa yang tuntas adalah 38 siswa (95%) dan yang tidak tuntas 2 siswa (5%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Manawiyah

SMK Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara

References

Arikunto, Suharsimi. et.al. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ismawati. 2012. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Hamzah. 2007. Metode Pembelajaran. Jakarta: Media Prestindo.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arikunto Suharsimi, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.

Kosasih. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryosubroto. 2002 Strategi Belajar mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sudjana, 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Syafaruddin, 2005. Manjemen Pembelajaran. Quantum Teaching: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-10-17

How to Cite

Manawiyah. (2023). Melalui Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Sepeda Motor I Materi Beriman Kepada Hari Akhir Pada SMK Negeri 1 Sawang Kabupaten Aceh Utara. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 7(3). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2263

Issue

Section

Artikel Penelitian