Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Kulit Sapi (Kerupuk Rambak) Di Desa Bale Panah Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen

Authors

  • Selvi Sulvia Uiversitas Almuslim
  • Naya Desparita Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v8i1.2507

Keywords:

Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian, Kerupuk Kulit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian kerupuk kulit sapi (kerupuk rambak) Di Desa Bale Panah Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan mengukur atribut skala likert dan deskriptif atau kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian pada usaha Kerupuk Kulit Sapi (Kerupuk Rambak) di Desa Bale Panah Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen diperoleh bahwa secara keseluruhan, konsumen produk Kerupuk Kulit Sapi (Kerupuk Rambak) lebih cenderung melihat identitas produk yang meliputi warna, aroma, rasa, tekstur, dan kemasan. Hal ini dapat dilihat dari nilai index Persepsi konsumen yaitu sebesar 90,08%. Nilai tersebut tergolong ke dalam kategori sangat baik. Konsumen lebih cenderung memilih produk karena harga, kemasan dan cita rasa produk. Nilai index Persepsi untuk indikator harga yaitu 98,75%, sedangkan nilai Persepsi untuk indikator kemasan produk adalah 95,00 %. Kemudian diikuti oleh indikator cita rasa produk (90,31%), Tekstur (87,34 %), warna (86,72%), dan aroma (82,34%) yang tergolong ke dalam kategori sangat baik,

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Selvi Sulvia, Uiversitas Almuslim

Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Almuslim

Naya Desparita, Universitas Almuslim

Dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Almuslim

References

Amertaningtyas et al., 2018. Kualitas Organoleptik (Kerenyahan Dan Rasa) Kerupuk Rambak Kulit Kelinci Pada Tenik Buang Bulu Yang Berbeda. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Hasil Ternak , 5 (1)

Arikunto, 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Astawan, 2018. Teknologi Pengolahan Pangan Hewani Tepat Guna. Akademika Pressindo. Jakarta.

Chaplin, 2021. Kamus lengkap psikologi. Jakarta : PT RajaGrafindo

Dian Sari, 2019. Persepsi Konsumen Terhadap Produk Olahan Ikan Tenggiri Di Kabupaten Sambas. Cross-border, Vol. 2 (1)

Dzulkharnain, 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 1(2).

Hakim, 2020. Metodologi Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Koswara, 2019. Teknologi pengolahan Produk Pangan. eBookPangan.com

Kotler dan Keller, 2017. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13, Jakarta: Erlangga

Ling & Calting, 2022. Psikologi Kognitif. Terjemahan Noormalasari Fajar. Widuri. Jakarta: Erlangga.

Napik et al, 2018. Kaitan citra merek, persepsi harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian blackberry. Jurnal Penelitian Ipteks, 3(1)

Ninemeier & Hays, 2018. Hotel Operations Managament. Upper Saddle. River, NJ: Pearson Education, Inc.

Nur Aulia, Aisyah, Sahlan., 2021. Sikap Konsumen terhadap Produk Kerupuk Dangke Merek Melona dan Tanpa Merek di Kecamatan Cendana, Enrekang. Jurnal Sains dan Teknologi Peternakan Vol 2(2)

Rosiani, N., 2017. Kajian Karakteristik Sensoris Fisik Dan Kimia Kerupuk Fortifikasi Daging Lidah Buaya (Aloe Vera) Dengan Metode Pemanggangan Menggunakan Microwave. Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, VIII (2).

Sangadji & sopiah, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. (D. Prabantini, Ed.) (Ed.1). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sari, R.D, 2023. Analisis Persepsi dan Preferensi Konsumen Pada Kualitas, Kemasan, Varian Rasa dan Merek Produk Kerupuk Melarat di Desa Belendung Karawang. Journal on Education Volume 06 (1)

Setiadi, 2017. Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Smartphone Lenovo (Studi Pada Pengguna Smartphone). UIN Sultan Syarif Kasim : Riau.

Setiawati, 2018. Pengaruh Promosi dan Inovasi Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chitato. Jurnal Manajemen Bisnis Vol 12 No. 1

Sugihartono, dkk, 2017. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunaryo, 2019. Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen tentang Kualitas Menggunakan Dimensi Performance, Reliability, Conformance dan Fit and Finish. Jurnal Ilman 5 (2)

Sutejo dan Damayanti, 2020. Rambak Kaki Ayam. PT Trubus Agrisarana, Surabaya.

Suwarastuti dan Dwiloka, 2021. Dasar-Dasar Teknologi Hasil Ikutan Ternak. Fakultas Peternakan. Semarang: Universitas Diponegoro

Tjiptono, 2021. Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta.

Walgito, 2020. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Sulvia, S., & Desparita, N. (2024). Analisa Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Kulit Sapi (Kerupuk Rambak) Di Desa Bale Panah Kecamatan Juli Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 8(1), 30–37. https://doi.org/10.51179/jsp.v8i1.2507

Issue

Section

Articles