Analisis Bauran Pemasaran Produk Kerupuk Unyil Di Desa Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.51179/jsp.v8i1.2506Keywords:
Bauran Pemasaran, Kerupuk UnyilAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan implementasi bauran pemasaran (marketing mix) produk kerupuk unyil di Desa Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada usaha kerupuk unyil di Desa Padang Kasab Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen diperoleh hasil bahwa harga produk yang ditawarkan pada usaha kerupuk unyil bervariasi tergantung pesanan dengan minimal pembelian Rp. 5.000 dan harga tersebut terjangkau bagi semua kalangan. Produk kerupuk unyil dikemas dengan sederhana hanya nenggunakan plastik transparan dan produk kerupuk unyil berpotensi rusak pada musim hujan. Kegiatan promosi kerupuk unyil dilakukan dari mulut ke mulut dan juga menggunakan media sosial. Tempat pemasaran yang dipilih untuk memasarkan produk kerupuk unyil sangat strategis dekat dengan jalan utama sehingga mudah diakses oleh konsumen. Tenaga kerja yang digunakan pada usaha kerupuk unyil sangat bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing dan mampu bersikap ramah terhadap konsumen sehingga berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Proses produksi dan pemasaran kerupuk unyil sangat fleksibel sehingga usaha tersebut mampu beradaptasi dengan perubahan pasar. Usaha kerupuk unyil memiliki fasilitas fisik berupa toko tempat pemasaran yang memiliki lahan yang luas dan bersih memungkinkan konsumen memarkirkan kendaraannya.
Downloads
References
Alma, Buchari. 2017. Manajamen Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Assauri, 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Basu Swasta dan Irawan, 2018. Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM,. Yogyakarta.
Citra, Y., Nurwahidah, S., Wrtiningsih, A., 2022. Bauran Pemasaran Usaha Kerupuk Atum Saleng Beme Di Dusun Sampar Layang Desa Pemanto Kecamatan Empang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian FP. UNSA. 3 (1)
Hurriyati, 2017. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung. Alfabeta.
Kasmir, 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada.
Koswara, 2017. Pelatihan Pengembangan Komunikasi Pemasaran Industri Pariwisata Melalui Produk Inovatif Kreatif Di Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran. Jurnal Aplikasi Iptek Untuk Masyarakat, Vol 8 (3)
Kotler dan Armstrong, 2017. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Armstrong, 2018. Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Kotler dan Keller, 2019. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia jilid satu. Jakarta: Prentice Hall.
Ningrum, I.U, Malik, A., Kernalis, E., 2017. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Agroindustri Kerupuk Kulit (Unyil) Di Kota Jambi. Sosio Ekonomika Bisnis, 14(12)
Purnamasari, I., 2019. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Industri Rumah Tangga Kerupuk Haruan “Hj. Maspah” Di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara. [skripsi] Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
Rismiati dan Suratno, 2020. Pemasaran Barang. Dan Jasa. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.
Saragih, 2018. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk Kantor Witel Bandung.
Syamil, 2019. Psikologi Pemasaran Society 5.0 (Strategi Penjualan Maksimal Era Society 5.0). PT. Sonpedia Publishing Indonesia, Jambi
Syukur dan Syahbudin, 2017. Konsep Marketing. Mix Syariah, Vol. 5
Tofan, 2018. Sifat Fisik dan Organoleptik Kerupuk yang Diberi Penambahan Tepung Daging Sapi Selama Penyimpanan. [Skripsi[. Program Studi Teknologi Hasil Ternak. Fakultas Perternakan, Institut Pertanian. Bogor
Yusmeiarti, 2018. Pemanfaatan dan Pengolahan Daging Sinawang (Pangium edule Rienw) untuk Pembuatan Kerupuk. Buletin BIPD. XVI (2):1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Sains Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.