Strategi pemasaran agribisnis bawang goreng dalam meningkatkan volume penjualan di Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.51179/jsp.v6i3.1767Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bawang goreng yang dijalankan oleh Mak Hus di Kabupaten Bireuen dalam keberlangsungannya memiliki strategi pemasaran, yang perlu untuk ditinjau melalui sebuah penelitian. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran bawang goreng yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan. Strategi pemasaran tersebut dirumuskan berlandaskan pada pendekatan bauran pemasaran mulai dari kualitas produk, kesesuaian harga, tempat distribusi dan cara promosi. Untuk meningkatkan volume penjualan diperlukan rencana strategi yang terarah dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, melalui kuesioner yang disusun berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap sembilan pengusaha bawang goreng. Selanjutnya hasil dari kuesioner tersebut, diperhitungkan dengan menggunakan Analisis SWOT untuk menemukan pengaruh dari lingkungan internal dan eksternal yang dihadapi oleh bisnis bawang goreng di Kabupaten Bireuen. Melalui analisis SWOT didapatkan rumusan strategi pemasaran bawang goreng di Kabupaten Bireuen untuk; (1) mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas, (2) mengembangkan varian dan desain produk, (3) memaksimalkan fasilitas, (4) meningkatkan profesionalisme SDM, (5) strategi mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan, (6) memperkuat modal usaha, dan (7) mengoptimalkan manajemen produksi, distribusi dan pemasaran, serta (8) usaha untuk memanfaatkan dukungan teknologi produksi dan pemasaran dalam menghadapi kompetitor. Selanjutnya rumusan strategi tersebut, diolah dengan menggunakan analisis QSPM untuk penetapan strategi alternatif yang perlu untuk diterapkan terlebih dahulu dalam meningkatkan volume penjualan bawang goreng berdasarkan pada nilai TAS tertinggi.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Agribisnis, Bawang Goreng
Downloads
References
Adrian, A., Lamusa, A., & Sulaeman, S. (2020). Persediaan Bahan Baku Bawang Putih Goreng Pada Ukm Hj Mbok Sri Di Kota Palu. Agrotekbis: E-Jurnal Ilmu Pertanian, 8(3), 528-533.
Astuti, Yesmawati., Harta, & Reswita. (2019). Pendapatan Usaha dan Persediaan Bahan Baku Industri Bawang Goreng. Agribisinees Jurnal, 13(2), 9.
Kotler, P. dan Amstrong. 2006. Prinsipprinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. terjemahan Hendra Teguh edisi keduabelas. cetakan kedua. Penerbit : Prenhalindo. Jakarta
Putra, D. A. P. (2020). Pengembangan Usaha Bawang Merah Goreng Ud. Super Quality Dengan Pendekatan Decision Support System (Dss. Skripsi (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).
Wijaya, D. R., Talkah, A., & Daroini, A. (2021). Strategi Pemasaran Agribisnis Bawang Merah Goreng Dalam Meningkatkan Volume penjualan Di Kabupaten Nganjuk. Manajemen Agribisnis: Jurnal Agribisnis, 21(2), 102-119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Sains Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.