Strategi pemasaran saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen

Authors

  • Kamariah Kamariah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia
  • Jamilah Jamilah Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v6i3.1752

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada usaha Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, yang dilaksanakan pada Bulan September 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, serta menyusun strategi pemasaran Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah menggunakan bahan baku yang berkualitas dan kelemahannya produk tidak tahan lama. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah adanya mitra usaha dan ancamannya adanya pesaing. Dari hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk meningkatkan pemasaran Saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen adalah menggunakan strategi agresif yaitu dengan cara menjaga hubungan baik dengan mitra usaha untuk memudahkan memperoleh bahan baku berkualitas, menjaga kepercayaan konsumen agar merk semakin terkenal dan permintaan semakin kontinyu, serta mempromosikan melalui media pemasaran online bahwa produk yang dihasilkan tanpa bahan kimia berbahaya.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Saplika (Salak Plik Jangka).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R. (2010). Quality control proses pembuatan manisan carica.

Agustina, Y., & Khaira, F. (2020). Analisis Pengembangan Home Industry Kerupuk Tempe Di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi). Jurnal Sain Ekonomi dan Edukasi (JSEE), 8(1).

Hariyati, Y. (2014). Pengembangan produk olahan kopi di desa sidomulyo kecamatan silo kabupaten jember. Agriekonomika, 3(1), 81-91.

Kembauw, E., Sahusilawane, A. M., & Sinay, L. J. (2015). Sektor pertanian merupakan sektor unggulan terhadap pembangunan ekonomi Provinsi Maluku. Agriekonomika, 4(2), 210-220.

Munzilin, M., Elfiana, E., & Martina, M. (2017). Strategi Pemasaran Manisan Buah di Desa Teupin Punti Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Sains Pertanian, 1(3), 210844.

Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58-70.

Rizal, M. U. H. A. M. A. D., Purwatiningdyah, D. N., & Widowati, R. E. T. N. O. (2015). Kajian pengolahan hasil buah salak serta analisis usahataninya di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. In Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiv Indonesia (Vol. 1, No. 5, pp. 1238-1244).

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Kamariah, K., & Jamilah, J. (2022). Strategi pemasaran saplika di Desa Cureh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 6(3), 120–125. https://doi.org/10.51179/jsp.v6i3.1752

Issue

Section

Articles