Strategi pemasaran beras cap sendok di Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen

Authors

  • Aris Yunandar Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia
  • Saiful Hurri Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51179/jsp.v5i3.1723

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Lhok Nga Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen yaitu pada usaha kilang padi UD. Sederhana milik Bapak Saleh, yang dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran beras cap sendok di Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dapat diidentifikasi bahwa kekuatan utamanya adalah produk berkualitas dan kelemahannya utamanya adalah kapasitas produksi masih terbatas. Sedangkan dari hasil analisis faktor eksternal, dapat diindentifikasikan peluang utamanya adalah permintaan konsumen meningkat dan ancamannya utamanya adalah naiknya harga bahan baku. Berdasarkan hasil analis SWOT alternatif strategi yang sesuai untuk memasarkan beras cap sendok di Desa Lhok Nga Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen adalah dengan menggunakan strategi kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) yaitu dengan cara mempertahankan kualitas produk untuk terus mendapatkan kepercayaan konsumen dan menggunakan jasa toko penjual sembako untuk melakukan pemasaran secara meluas agar produk semakin dikenal masyarakat.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Beras Cap Sendok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPS. (2017). Food and Agriculture Organization of the United Nations. Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh Badan Pusat Statistik.

Laksono. (2012). Pembangunan Pertanian. Gramedia. Jakarta.

Ramadhani P, E. S. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran Beras di Kabupaten Serdang Bedagai (Doctoral dissertation, UNIMED).

Rangkuti, Ferddy. (2007). Creating effective Marketing Plan: Teknik Membuat Marketing Plan Berdasarkan Customer. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Sianipar, & Entang. (2008). Teknik- Teknik Analisis Manajemen. Bahan Ajar Diklat PIM Tingkat III.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Yunandar, A., & Hurri, S. (2021). Strategi pemasaran beras cap sendok di Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 5(3), 121–126. https://doi.org/10.51179/jsp.v5i3.1723

Issue

Section

Articles