Analisis pemasaran usaha Sagu Rumbia di Gampomg Pulo Reudeup Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.51179/jsp.v5i1.1688Abstract
Penelitian dilakukan pada usaha sagu rumbia yang terletak di Gampong Pulo Reudeup Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen.Pengambilan data dilapangan dilaksanakan pada bulan Januari 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran serta mengetahui tingkatefesiensi pemasaran pada usaha sagu rumbia Gampong Pulo Reudeup Kecamatan Kuta Blang Kabupaten Bireuen. Untuk mengetahui pola saluran pemasaran digunakan analisis kualitatif. Sedangkan untuk mengetahui biaya, marjin, keuntungan dan efesiensi pemasaran digunakan analisis kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwaProses pemasaran sagu rumbia Gampong Pulo Reudeup Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuendilakukan melalui 2 (dua) saluran pemasaran. Besarnya biaya pemasaran yang dikeluarkan pada sistem pemasaran saluran I adalah sebesar Rp.1.400-/kg, dengan keuntungan lembaga pemasaran sebesar Rp.5.500,-/kg, sedangkan biaya pemasaran yang dikeluarkan pada sistem pemasaran saluran IIadalah sebesar Rp.Rp.1.600,-/kg, dengan keuntungan lembaga pemasaran sebesar Rp. 6.300,-/kg. Dari kedua saluran pemasaran tersebut yang paling efisien dalam memasarkan sagu rumbia Gampong Pulo Reudeup Kecamatan Kutablang Kabupaten Bireuen adalah menggunakan saluran I yaitu produsen → pedagang pengumpul→ pedagang besar → konsumen akhir.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik (BPS). (2016). Bireuen Dalam Angka 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen.
Herdhiansyah, D. (2021). Teknologi Pengolahan Sagu. Penerbit NEM.
Husna, A., & Nur, T. M. (2021). Analisis Pemasaran Usaha Sagu Rumbia Di Gampong Pulo Reudeup Kecamatan Kutablangkabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, 11(1), 53-64.
Kaliyubi, I. (2020). Efisiensi Saluran Pemasaran Pepaya Callina (carica papaya L) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Mubyarto. (2007). Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan ekonomi dan Sosial (LP3ES) Edisi ke-3.
Nangoy, Selvie, Silvya L. Mandey, and Lotje Kawet. (2017). "Pengaruh Promosi, Harga, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Matahari Departemen Store Manado (Studi Kasus Di Matahari Departemen Store Manado Town Scuare)." Jurnal Ilmiah Society 1.24 (2017), 5.
Rustiani, Frida. 2009. Mengenal Usaha Pertanian Kontrak (Contract. Farming). Bandung: Yayasan Akatiga.
Yanuar, D. (2018). Analisis kelayakan bisnis ditinjau dari aspek pasar, aspek pemasaran dan aspek keuangan pada UMKM makanan khas Bangka di Kota Pangkalpinang. Ekombis: Jurnal Fakultas Ekonomi, 2(1).
Yopi, Y. (2022). Modul Mata Kuliah Agrisbisnis dan Rencana Program Semester (Rps). (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL SAINS PERTANIAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.