UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI KAJEUNG TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstrak
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan Peningkatkan Kemampuan Siswa dengan manfaat untuk mendapatkan teori baru dan dapat dijadikan referensi. Kajian ini memakai Media Cerita Bergambar yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pelaksanaannya pada Siswa Kelas II SD Negeri Kajeung Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam kurun waktu 3 bulan yaitu pada awal bulan Maret 2022 s/d akhir Mei 2022 semester genap. Subjek penelitiannya yaitu Siswa Kelas II SD Negeri Kajeung Tahun Ajaran 2021/2022 berjumlah 16 orang siswa yang terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 9 perempuan. Data PTK ini dari Siswa Kelas II SD Negeri Kajeung Tahun Ajaran 2021/2022 hasil observasi dan dokumentasi. Untuk memperoleh data ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Data divalidasikan dan diferifikasi dengan mencantumkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatitif dengan mencari jumlah ketuntasan dan ketidak tuntasan siswa setiap tatap muka. Analisis dilakukan dengan cara mencari nilai baik, cukup dan rata-rata. Sebagai indikator keberhasilan dalam tindakan ini meningkatkan Kemampuan Siswa sebanyak 65%. PTK ini dilakukan dengan prosedur pelaksanaan 2 siklus dengan pererencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Kajian teori tentang pembeajaran Kemampuan Siswa dan variabel penindak melalui Penerapan Media Cerita Bergambar. Hasil penelitian menununjukan peningkatan Kemampuan siswa dari Prasiklus memiliki presntase sebanyak 531.25% meningkat pada memasuki siklus I yaitu menjadi 62.50%, hingga pada siklus di suda mencapai indikator peneliti dengan presentase 81.25%. Maka penerapan Media Cerita Bergambar bisa meningkat Siswa Kelas II SD Negeri Kajeung Tahun Ajaran 2021/2022.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Aswaddi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0