UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK INQUIRYMATERI IKATAN KIMIA DI KELAS XI MIA 3SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Rosdianti Rosdianti

Abstrak

Telah dilakukan penelitian dengan judul Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Teknik  Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas XI IMIA 3 SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya”.Metodepenelitian yang digunakanadalam penelitiantindakankelas (PTK) yang terdiriatas 2 (dua) siklus. Subjekpenelitianadalahsiswakelas XI IMIA 32 SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh tahunpelajaran 2020/2021sebanyak 25 siswa. Analisis data menggunakanteknikanalisisdeskriptifdenganmembandingkankondisiawaldenganhasil-hasil yang dicapaipadasetiapsiklus. Setiapsiklusterdiridari 4 (empat) tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. PenggunaanPendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Teknik  Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya Kabupaten  Aceh Barat Daya motivasi siswa meningkat setelah penggunaan pendekatan CTL. Motivasi belajar meningkat setelah penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan rata-rata  siklus I 60% termasuk dalam  katagori cukup dan pada siklus II menjadi 96% termasuk kategori sangat baik. Aktifitas siswa meningkat dari siklus I 72.5% menjadi 78.75%% pada siklus II.dikatagorikansangatbaik/aktifsetelah penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning teknik inquiry. Aktifitas gurupada siklus I 88.12% dansiklus II 97.5% dikatagorikansangatbaik.

Kata Kunci:Contextual Teaching Learning Teknik inquiry. Motivasi belajar siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-24