UPAYAMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DENGAN TEKNIK INQUIRYMATERI IKATAN KIMIA DI KELAS XI MIA 3SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Teknik Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas XI IMIA 3 SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya”.Metodepenelitian yang digunakanadalam penelitiantindakankelas (PTK) yang terdiriatas 2 (dua) siklus. Subjekpenelitianadalahsiswakelas XI IMIA 32 SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh tahunpelajaran 2020/2021sebanyak 25 siswa. Analisis data menggunakanteknikanalisisdeskriptifdenganmembandingkankondisiawaldenganhasil-hasil yang dicapaipadasetiapsiklus. Setiapsiklusterdiridari 4 (empat) tahapanyaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatandanrefleksi. PenggunaanPendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Dengan Teknik Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 5 Aceh Barat Daya Kabupaten Aceh Barat Daya motivasi siswa meningkat setelah penggunaan pendekatan CTL. Motivasi belajar meningkat setelah penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning dengan rata-rata siklus I 60% termasuk dalam katagori cukup dan pada siklus II menjadi 96% termasuk kategori sangat baik. Aktifitas siswa meningkat dari siklus I 72.5% menjadi 78.75%% pada siklus II.dikatagorikansangatbaik/aktifsetelah penggunaan pendekatan Contextual Teaching Learning teknik inquiry. Aktifitas gurupada siklus I 88.12% dansiklus II 97.5% dikatagorikansangatbaik.
Kata Kunci:Contextual Teaching Learning Teknik inquiry. Motivasi belajar siswa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rosdianti Rosdianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0