PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NIALI NILAI PANCASILA DI KELAS XI IIS.1 SMA NEGERI 5 ACEH BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstrak
Penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran CTL, pada materi Nilai-Nilai Pancasila di SMAN 5 Aceh Barat Daya pada kelas XI IIS.1yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untukmendeskripsikan bagaimana peningkatanhasil belajar siswa pada materi Nilai-nilaipancasila.Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran CTL, dilakukan penilaian kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16,66% (5 siswa) dan siswa yang belum tuntas sebanyak 83,34% (25 siswa), pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 83,34% (25 siswa), dan siswa yang belum tuntas sebanyak 16,66% (5 siswa), sedangkan pada akhir siklus II, sebanyak 96,66% (29 siswa) dan sebanyak 3,33% (1 siswa) belum mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran CTL di SMAN 5 Aceh Barat Daya pada kelas XI IIS.1dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada materi Nilai-Nilai Pancasila.
Kata Kunci: CTL, hasil belajar, nilai-nilaipancasila
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Faisal Faisal
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0