PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMPAR CAKRAM UNTUK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
Kata Kunci:
Pengembangan, Bahan Ajar, Lempar Cakram.Abstrak
Seorang guru menyiapkan bahan ajar agar peserta didik tertarik untuk mengikuti pelajaran tersebut. Bahan ajar lempar cakram dirancang dengan baik agar peserta didik senang dan ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengembangan bahan ajar lempar cakram siswa Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki validitas dan reliabilitas, serta dapat digunakan dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini tergolong penelitian pengembangan. Rancangan penelitian yaitu observasi, konsultasi para ahli, desain produk, validasi desain produk, uji coba pemakaian produk, revisi produk, simulasi produk, revisi desain dan hasil produk. Subjek penelitian ini siswa kelas VI MIN 45 Jantho Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen untuk menvalidasi pengembangan bahan ajar. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi desain, uji coba produk, dan validasi produk. Analisis data dilakukan dengan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar lempar cakram untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah setelah melalui reduksi maka memiliki tingkat kesahihan yang tinggi dengan indek skor 0.988 dan tingkat keterandalan yang tinggi dengan indeks skor 0.624. Kesimpulannya bahwa skor 0.988 dan skor 0.624 lebih besar dari 0.030, sehingga instrumen pengembangan bahan ajar lempar cakram untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah di MIN 45 Jantho Kabupaten Aceh Besar dikatakan valid.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Imran Fadhil, Dedi Saputra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Artikel ini Berlisensi CC Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0