PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

Authors

  • Iskandar isk

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa dan mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik  dalam menyusun  rencana pembelajaran. Pada hasil penelitian maka didapat pada siklus 1 nilai perencanaan guru 71,98%, pelaksanaan 72,72%, penilaian 81,48% dan tindak lanjut 59,05% dan pada siklus 2 meningkat menjadi nilai perencanaan 92,86%, pelaksanaan 93,07%, penilaian 90,48% dan tindak lanjut 83,81% maka Berdasarkan peningkatan kinerja guru baik rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian siswa ternyata mempengaruhi hasil ujian siswa tahun 2023.

 

Kata Kunci:Pembelajaran, Supervisi edukatif Kolaboratif, Kinerja

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-11-30

How to Cite

isk, I. (2023). PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMA NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN. Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosial Agama , 10(3), 15–32. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jipsa/article/view/2358