Computational Thinking Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika PISA

Authors

  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim
  • Husnidar Husnidar Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3048

Keywords:

Computational Thingking, Pemecahan Masalah, Literasi Matematika PISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal PISA dengan mengaitkan pada kemampuan Computational Thinking. Karena saat ini untuk kajian soal soal PISA dibutuhkan suatu penalaran yang tinggi sehingga persoalan yang ada dapat terselesaikan dengan tahapan-tahapan dalam penyelesaian masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah peneitian kualitatif dengan jumlah Sampel Penelitian ini adalah siswa SMA kelas II di Kabupaten Bireuen, dengan jumlah responden/ siswa sebanyak 2 orang. Teknik penelitian yang melalui 3 tahapan, yaitu: memberikan satu soal PISA kepada responden. kedua menganalisis unsur-unsur ataupun 4 pondasi Computational Thinking dan yang ketiga, melakukan triangulasi data untuk menganalisis hasil wawancara dengan subjek wawancara. Hasil penellitian dapat disimpulkan bahwa terdapat siswa atau responden yang masih memerlukan pemahaman dalam menganalis soal PISA dan dapat memahami konten 4 fondasi Computational Thinking.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, M. (2020). Penilaian Kemampuan Computational Thinking. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2).

Csizmadia, A., Curzon, P., Dorling, M., Humphreys, S., Ng, T., Selby, C., & Woollard, J. (2015). Computational Thinking: A Guide for Teachers. Computing At School, October 2018.

Dinda Amalia, & Windia Hadi. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904

Haji, S., Yumiati;, & Zamzaili. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02).

Ismarmiaty, Agustin, K., Madani, M., Sriwinarti, N. K., Zainuddin, & Supatmiwati, D. (2022). Penguatan kemampuan computational thinking pada pemberdayaan guru dan siswa Sekolah Dasar di Pulau Lombok. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18(2). https://doi.org/10.20414/transformasi.v18i2.5034

Julianti, N. H., Darmawan, P., & Mutimmah, D. (2022). Computational Thinking dalam Memecahkan Masalah High Order Thinking Skill Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022.

Kurniawan, I. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(1). https://doi.org/10.31949/th.v5i1.2090

Li, Y., Schoenfeld, A. H., diSessa, A. A., Graesser, A. C., Benson, L. C., English, L. D., & Duschl, R. A. (2020). On Computational Thinking and STEM Education. In Journal for STEM Education Research (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s41979-020-00044-w

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma; Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Novianti, N., Khaulah, S., & Abdillah, T. R. (2023). Development of 2D Animation Learning Video Media for the TAPPS Learning Model to reduce Mathematics Phobia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9509–9515. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4962

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

OECD. (2017). PISA 2015 Results (Volume IV). In Oecd: Vol. IV.

Oktaviana, D. V., Syafrimen, S., & Putra, R. W. Y. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS IX MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA PADA KONTEN PERUBAHAN DAN HUBUNGAN. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 4(1). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v4i1.909

Riski, D., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Soal Tipe HOTS Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Asimetris, 4(1), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1986

Robertson, S. L. (2021). Provincializing the OECD-PISA global competences project. Globalisation, Societies and Education, 19(2). https://doi.org/10.1080/14767724.2021.1887725

Setianingsih, D., Yuniarsih, T., & Rozali, R. D. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 2(2). https://doi.org/10.30599/utility.v2i2.313

Vasalampi, K., Tolvanen, A., Torppa, M., Poikkeus, A. M., Hankimaa, H., & Aunola, K. (2023). PISA reading achievement, literacy motivation, and school burnout predicting Adolescents’ educational track and educational attainment. Learning and Individual Differences, 108. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2023.102377

Downloads

Published

2024-10-31