Pengembangan Soal Hots Berbasis Literasi Matematika Pada Materi Transformasi Geometri

Authors

  • Friantiani Safitri Universitas Almuslim
  • Bulan Nuri Universitas Almuslim
  • Novianti Novianti Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3037

Keywords:

HOTS, Literasi Matematika, Penelitian Pengembangan

Abstract

Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis literasi matematika merupakan bentuk soal yang masih jarang dibiasakan dalam pembelajaran di sekolah. Penelitian ini mempunyai tujuan mengembangkan soal HOTS berbasis literasi matematika materi transformasi geometri. Metode penelitian menggunakan jenis Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan karakteristik instrumen penilaian dalam menganalisis kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal HOTS berbasis literasi matematika, peserta didik yang dilibatkan berjumlah 27 orang dari kelas XI SMAN 3 Bireuen. Teknik pengumpulan data meliputi (1) penyusunan instrumen (2) menetapkan instrumen, (3) revisi instrumen validator, (4) menerapkan instrumen penelitian melalui uji coba, (5) memperoleh hasil tes HOTS berbasis literasi matematika peserta didik, (6) revisi instrumen. Hasil uji validator aspek materi, konstruksi, dan bahasa dinyatakan pada kategori sangat layak. Hasil angket respon peserta didik diperoleh soal yang diberikan dinyatakan praktis oleh pengguna soal HOTS transformasi geometri berbasis literasi matematika. Hasil rata-rata asesmen kemampuan literasi matematis peserta didik merupakan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan instrumen asesmen dikategorikan sangat layak dan praktis untuk pembelajaran. Menindaklanjuti hasil penelitian, pengembangan instrumen soal HOTS berbasis literasi matematika memberikan kontribusi kepada peserta didik dalam penerapan kehidupan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A. R., Rusdi, R., & Kamid, K. (2021). Pengembangan Soal Matematika Bermuatan HOTS Setara PISA Berkonteks Pancasila. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 01–19. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.386

Asmara, A., & Sari, D. J. (2021). Pengembangan Soal Aritmetika Sosial Berbasis Literasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2950–2961. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.982

Dewi, S., Rizal, S., & Johar, R. (2019). Pengembangan modul matematika diskrit berbantuan software wxMaxima. Jurnal Peluang, 7(2), 56–65.

Fitriono, Y., Rochmad, R., & Wardono, W. (2016). Model PBL dengan Pendekatan PMRI Berpenilaian Serupa PISA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 514–526.

Hilsania, S. A., Purwosetiyono, F. X. D., Zuhri, M. S., & Hardiko, D. (2024). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Materi Transformasi Geometri. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2 SE-Articles). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1916

Istiandaru, A. (2014). PBL pendekatan realistik saintifik dan asesmen pisa untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 3(2).

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 630–634.

Jonan, Y. R. (2020). Pengembangan Rubrik Penskoran pada Asesmen Otentik untuk Materi Volume dan Luas Balok. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 275–284.

Kurnila, V. S., Badus, M., Jeramat, E., & Ningsi, G. P. (2022). Peningkatan kemampuan literasi matematika melalui pendekatan problem based learning bermuatan penilaian portofolio. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 88–97.

Novianti, N., Astuti, N., & Sriwinar, S. (2023). Komik matematika digital untuk meningkatkan literasi numerasi kajian etnomatematika (I). Deepublish.

Novianti, N., Zaiyar, M., Khaulah, S., Fitri, H., & Jannah, R. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(3), 2369–2375. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.5370/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Oktaviani, Di. N., Munadi, Ponoharjo, & Wahyuningsih, E. D. (2022). Analisis Kebutuhan dan Desain Modul Geometri Transformasi Berorientasi Literasi Matematis. Dialektika Pendidikan Matematika, 9(2), 691–700.

Purwati, R. I., Lukman, H. S., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pbl Dengan Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.23-30

Qasim, K. (2015). Awaludin.(2015). Deskripsi kemampuan literasi matematika siswa SMP negeri di kabupaten buton utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 97–110.

Riski, D., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Soal Tipe HOTS Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1986

Setyaningsih, N., & Mukodimah, T. D. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Berbasis Literasi Matematika Pada Materi Spldv. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1739. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5447

Seyaningsih, N., & Sari, W. A. K. (2021). Development of the assessment model based on order thinking skills (HOTS) to measure students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1776(1), 12022.

Downloads

Published

2024-10-31