PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3002Kata Kunci:
Matematika, Pemecahan Masalah, Self efficacyAbstrak
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah kuantatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dengan jumlah sampel 88 siswa, yang dipilih secara simple random sampling. Pengambilan data menggunakan tes untuk kemampuan pemecahan masalah dan angket untuk self efficacy. Sebelum melakukan regresi linier sederhana, dilakukan uji prasyarat yaitu: uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas, uji otokorelasi, dan uji multikolinearitas. Setelah memenuhi uji prasyarat selanjutnya dilakukan analisis dan diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Dari hasil R Square = 0,200 x 100 % = 20% menunjukkan bahwa self efficacy mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah sebesar 20%.
Unduhan
Referensi
Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.
Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801.
Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216–3228.
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 843–856.
Nurtamam, M. E., Santosa, T. A., Tubagus, M., & Rahman, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Flipped Learning Berbasis Internet of Things (IoT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-analysis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3468–3482.
Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147.
Rinowati, A., Utami, R. E., Purwati, H., & Winanti, K. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Keaktifan Belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10.
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., & Hapsari, M. A. P. Cahyaningrum, D. A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematis pada materi pecahan siswa kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 188–194.
Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2022). Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26.
Saputra, A. D., Novita, W., Safitri, A., Ananda, M. L., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF OLEH JEAN PIAGET TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SD/MI. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 122–134.
Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086.
Udin, M. R., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 603–609.
Yestina, R., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2024). Meta-Analisis Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. FONDATIA, 8(1), 1–20.
Yuliyani, R., & Handayani, S. D. S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self efficacy) dan Kemampua Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130–143.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rahmat Winata, Sugiharto Sugiharto, Rizki Nurhana Friantini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
