Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • Rahmat Winata Universitas Palangka Raya
  • Sugiharto Sugiharto Universitas Palangka Raya
  • Rizki Nurhana Friantini Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3002

Keywords:

Matematika, Pemecahan Masalah, Self efficacy

Abstract

Teknik analisis data regresi linier sederhana digunakan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari  self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berpendekatan ex post facto. Populasi dari penelitian ini ialah semua siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dan samperlnya berjumlah 88 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh  menggunakan instrumen tes untuk kemampuan pemecahan masalah dan instrumen angket untuk self efficacy. Uji prasyarat yang digunakan ada 5 untuk mengetahui normalitas, heteroskedastisitas, linieritas, otokorelasi, dan multikolinearitas. Setelah itu dilanjutkan analisis dan dihasilkan adanya pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya. Hasil R Square = 0,200 x 100 % = 20% yang berarti bahwa self efficacy berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah sebesar 20%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2186–2194.

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801.

Hanifah, H., Sumardi, H., & Febrila, L. G. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3216–3228.

Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari self-efficacy siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 843–856.

Nurtamam, M. E., Santosa, T. A., Tubagus, M., & Rahman, A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Flipped Learning Berbasis Internet of Things (IoT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa: Meta-analysis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3468–3482.

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147.

Rinowati, A., Utami, R. E., Purwati, H., & Winanti, K. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Keaktifan Belajar. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–10.

Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., & Hapsari, M. A. P. Cahyaningrum, D. A. (2023). Analisis kemampuan pemecahan masalah Matematis pada materi pecahan siswa kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 188–194.

Samsuddin, A. F., & Retnawati, H. (2022). Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 17–26.

Saputra, A. D., Novita, W., Safitri, A., Ananda, M. L., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF OLEH JEAN PIAGET TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SD/MI. HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01), 122–134.

Septhiani, S. (2022). Analisis Hubungan Self-Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3078–3086.

Udin, M. R., Sugiman, S., & Munahefi, D. N. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 603–609.

Yestina, R., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2024). Meta-Analisis Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. FONDATIA, 8(1), 1–20.

Yuliyani, R., & Handayani, S. D. S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self efficacy) dan Kemampua Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 7(2), 130–143.

Downloads

Published

2024-10-31