Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Menurut Watson Pada Materi Program Linear
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.3000Keywords:
Analisis Kesalahan, Komunikasi Matematis, Program Linier , WatsonAbstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI MA Al-Hikmah Merauke dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis pada materi program linear berdasarkan kriteria Kesalahan Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang, dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat jenis kesalahan yang sering dilakukan siswa yaitu: (1) Pada kelompok kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis jenis kesalahan yang dilakukan yaitu data tidak tepat, data hilang dan kesimpulan hilang. Faktor yang menjadi penyebab kesalahannya yaitu siswa kurang teliti dalam menggunakan data serta kurang teliti dalam membaca perintah soal. (2) Pada kelompok kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu data tidak tepat, data hilang, prosedur tidak tepat, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan dan kesimpulan hilang. Faktor yang menjadi penyebab kesalahannya yaitu siswa kurang memahami soal dengan baik, siswa kurang memahami konsep, serta kurang teliti dan terburu-buru dalam proses pengerjaannya. (3) Pada kelompok kemampuan rendah dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis jenis kesalahan yang dilakukannya yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, kesimpulan hilang masalah hierarki keterampilan, dan konflik level respon. Faktor yang menjadi penyebab kesalahannya yaitu siswa kurang memahami maksud soal dengan baik, kurangnya pemahaman konsep yang dimiliki siswa, serta kurangnya keterampilan siswa dalam menghitung.
Downloads
References
Anjeli, R., & Irwan. (2019). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(1), 103–109.
Huljannah, M., Sugita, G., & Anggraini. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson di Kelas X Al-Azhar Palu. 4(2).
Islam, S. N., Susilawati, W., & Sugilar, H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Abstraksi Matematis Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Perspektif, 5(1), 112–129.
Jayanti, D. P., Meirista, E., & IMayasari, D. (2021). Pengembangan LKS pada Materi LImit Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Komunikasi Matematis. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 3(2), 92–101.
Kasanah, A. U. (2019). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Berdasarkan Kriteria Watson. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Khusnatun, Danaryanti, A., & Sari, A. (2020). Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Watson Pada Siswa SMA Negeri Se-Banjarmasin Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Lexy J. Meleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung
Maryani, A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2344–2351.
Munawaroh, N., Rohaeti, E. E., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Siwa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 994–995.
Putri, W. N. K. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dan Faktor Penyebabnya dalam Menyelesaikan Soal Cerita Menurut Watson Pokok Bahasan Pecahan. Universitas Jember.
Rahmawati, L. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMK Hasyim Asy’ari Bojong Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aplikasi Barisan kelas X Semester Genap Berdasarkan Teori Watson. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Santi, L. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontekstual pada materi aritmetika sosial berdasarkan kriteria watson. Univaersitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Susilawati, & Febrian. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016 dalam Menyelesaikan Permasalahan Peluang Dengan Menggunakan Kategori Kesalahan Watson. Jurnal Pendidikan Matematika, 1–15.
Sugiyono. (2017). Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Alfabeta). Bandung.
Winarsih, K. A., Sugiarti, T., & Khutobah, K. (2015). Analisis kesalahan siswa berdasarkan kategori kesalahan menurut Watson dalam menyelesaikan permasalahan pengolahan data siswa kelas VI SDN Baletbaru 02 Sukowono Jember tahun pelajaran 2014/2015. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.
Wulandari, W., & Dadi, O. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 8–15.
Zain, M., Idris, M., & Rizal, M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Aljabar Siswa Kelas VII Smp Negeri 3 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 358–372.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizky Rohmatul Khuzaimmah, Oswaldus Dadi, Irmawaty Natsir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.