Dampak Model Pembelajaran RADEC Terhadap Keterampilan Analisis Dan Evaluasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Aneva Meilandari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Siti Ulfa Nabila Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mujib Mujib Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Mardiyah Mardiyah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.2895

Keywords:

Model RADEC, Analisis, Evaluasi Siswa

Abstract

Kemampuan analisis dan evaluasi dalam pelajaran matematika adalah keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk mendukung proses pembelajaran dan membantu memecahkan berbagai masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan analisis dan evaluasi matematis siswa. Jenis dan desain penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, yaitu desain quasy eksperimen. Desain yang digunakan yaitu desain posttest only group untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RADEC. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes keterampilan analisis dan keterampilan evaluasi matematis siswa. Data diolah menggunakan uji Tests of Between-Subjects Effects dan uji multivariat. Hasil uji keterampilan analisis menunjukkan nilai p-value sebesar 0,014, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari model RADEC terhadap kemampuan analisis siswa. Hasil untuk keterampilan evaluasi dengan p-value 0,002 juga menunjukkan pengaruh signifikan. Uji multivariat dengan taraf signifikansi 0,05 menghasilkan p-value 0,009, sehingga hipotesis nol ditolak dan disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran RADEC berpengaruh pada keterampilan analisis dan evaluasi siswa SMP Negeri 23 Bandar Lampung.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABIDIN, A. M. (2019). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Didaktika, 11(2), 225. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i2.168

Agustina, Y. (2023). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Matematis Peserta Didik Smp. UJMES (Uninus Journal of Mathematics Education and Science), 4(1), 41–44. https://doi.org/10.30999/ujmes.v4i1.358

Amara, E., Wahyuni, R., & Anitra, R. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2334

Bilferi Hutapea, A. S. (2024). Model Pembelajaran RADEC Berbasis Case Study Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Fisika Dan Pembelajarannya(PHYDAGOGIC), 6(2), 118–124. https://doi.org/10.31605/phy.v6i2.3754

Darmayanti, S., Shanty, Y. L., & Angraini, L. M. (2024). Analysis of High School Students’ Errors in Solving Story Problems on Systems of Linear Equations with Three Variables. International Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2, 128–138. https://doi.org/10.56855/ijmme.v2i2.1023

Dhia Octariani, A. C. P. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.

Dhia Octariani, A. C. P. (2024). ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR BILANGAN KOMPLEKS BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 43–49.

Fariha, N. F., Marlina, M., & Ayuningtyas, V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Keaktifan Siswa. 2, 388–399.

Ghaira, L., Vebrian, R., Keguruan, F., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2024). Implikasi Model Pembelajaran Project-based Learning dengan Pendekatan Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. 08(May), 1941–1950.

Gulo, A. A., & Mendrofa, N. K. (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMA Negeri 1 Tugala Oyo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 986–997. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.2967

Handayani, S. L., & Dewanti, M. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Analisis Melalui Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(3), 202. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15182

Indrawati, Fiqi Annisa, & Wardono. (2019). Pengaruh self efficacy Terhadap kemampuan literasi matematika dan pembentukan kemampuan 4C. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 247–267.

Karlina, D., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020). Critical Thinking Skills of Fourth Grade in Light Properties Materials through the Radec Model. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2, 1743–1753. http://proceedings.upi.edu/index.php/icee/article/view/802/720

Karunia Eka Lestari, M. R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). PT Refika Aditama.

Laksono, M. B. T., Firmanda, D. A., Damayanti, V., & Novita, D. (2021). Pengembangan E-LKPD untuk Melatihkan Kemampuan Analisis dan Evaluasi Siswa Kelas XI pada Materi Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Nasional Kimia (SNK), 285–300.

Maryam, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Iklan , Slogan , Poster kelas VIII SMPN 2 Siak Kecil. 10(1), 1052–1062.

Muchammad Imron, & Arief Agoestanto. (2023). Pengaruh Adversity Quotient Terhadap Literasi Matematis Siswa: Tinjauan Pustaka Sistematis. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 9(1), 40–61. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v9i1.2799

Muthi’ah, N. M., & Sukmawati, W. (2023). Racking Analysis Instrument Mastery Test Concepts in Learning Science Using the RADEC Model in Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1137–1143. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9ispecialissue.3976

Noer, D., & Arif, H. (2014). IMPLEMENTASI CTL MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR ANALITIS SISWA KELAS III-D SDN SIDOKLUMPUK Dini.

Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29. https://doi.org/10.17977/um048v24i1p29-37

Pramanik, L. D. A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Peningkatan Kemampuan Evaluasi Matematis Pada Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(20), 108–118. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3952/1/SITI MARYAM NOER AZIZAH-FITK.pdf

Predi, F. S., Supriadi, N., & Suri, F. I. (2022). Pengaruh model pembelajaran RADEC dan IQ siswa terhadap kemampuan numerik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 10(2), 163. https://doi.org/10.23971/eds.v10i2.3575

Satira, U., Hayati, R., & Husnidar, H. (2023). Strategi Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Trigonometri. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1973

Setiawan, D., Sopandi, W., & Hartati, T. (2020). The influence of read, answer, disscuss, explain, and create (RADEC) learning model on the concept mastery of elementary school students on the water cycle topic. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042113

Setiawati, D., Safira, D., & Kartika, Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1990

Sugiyono. (2016). metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan r&d. ALFABETA.

Sukmawati, D., Sopandi, W., & Sujana, A. (2020). The Application of Read-Answer-Discuss-Explain-and Create ( Radec ) Models to Improve Student Learning Outcomes in Class V Elementary School on Human Respiratory System. The 2nd International Conference on Elementary Education, 2(1), 1734–1742.

Yuliany, N., Latuconsina, N. K., Nursalam, Abrar, A. I. P., & Wahyuni, I. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Al Asma : Journal of Islamic Education, 5(2), 133–142. https://doi.org/10.24252/asma.v5i2.41523

Downloads

Published

2024-10-31