Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.2886Keywords:
Discovery learning, GeoGebra, Penalaran MatematikaAbstract
Rendahnya kemampuan penalaran matematik peserta didik antara lain disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat, penggunaan teknologi yang masih jarang digunakan untuk proses pembelajaran matematika dan kurangnya kesempatan melatih kemampuan penalaran siswa. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran dan penggunaan teknologi yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Software GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan Software GeoGebra. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri Modal Bangsa Arun, dengan sampel kelas XI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-5 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematika peserta didik yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 19 yaitu analisis data N Gain dan uji non parametrik Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Software GeoGebra. Peningkatan sebesar 0,38 berada pada kategori sedang
Downloads
References
Amara, E., Wahyuni, R., & Anitra, R. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2334
Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 1(1), 31–37.
Burais, L., Ikhsan, M., & Duskri, M. (2019). Information asymmetry, market liquidity and the depreciation of residential property. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 77–86.
Depdiknas. (2006). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2006. 364.
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012135. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012135
Hidayatsyah, H., Hidayat, A. T., & Elisyah, N. (2023). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1915–1923. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2425
Husnidar, H., Khaulah, S., Rahma, R., & Safarati, N. (2024). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswi Kelas X MAS Darul Ulum Alwaliyyah. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 62–68. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2714
Ikhwanuddin, Ikhsan, M., & Johar, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Materi Logika Siswa SMAN 7 Aceh Barat Daya. Jurnal Peluang, 7(1), 177–184.
Kristianti, Amalia, K., Husna, A., Faradillah, A., & Hadi, W. (2024). KEMAMPUAN PENALARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DALAM MEMECAHKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN GEOGEBRA. INDONESIAN GEOGEBRA JOURNAL, 3(1), 1–14. Retrieved from https://www.journal.geogebra.id/index.php/IGJ/article/view/25
Listiana, Y., Aklimawati, A., Wulandari, W., & Isfayani, E. (2022a). Metode Numerik Berbantuan GeoGebra (I. Wirevenska (ed.); 1st ed.). K-Media.
Listiana, Y., Aklimawati, A., Wulandari, W., & Isfayani, E. (2022b). the Effectiveness of Geogebra Assisted Integral Calculus Module. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 177–190. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no2.2022pp177-190
Listiana, Y., Aklimawati, A., Wulandari, W., Suandana, A., & Arindi, I. (2022). Pengembangan bahan ajar metode numerik berbantuan GeoGebra untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 72–83.
Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685
Putri, D. M., & Destania, Y. (2020). Pengembangan Soal Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Peluang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 169–184. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i2.169-184
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Riski, D., Wahyuni, R., & Novianti, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Soal Tipe HOTS Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i1.1986
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Satira, U., Novianti, N., & Khaulah, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Strategi Learning With Team Quiz Menggunakan Media E-Modul. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.51179/asimetris.v4i2.2316
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. Y. Suryandari (ed.); 5th ed.). Alfabeta.
Sulistyaningsih, M., & Mangelep, N. O. (2020). Pembelajaran Arias Dengan Setting Kooperatif Dalam Pembelajaran Geometri Analitik Bidang. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 51–54. https://doi.org/10.30598/jupitekvol2iss2pp51-54
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Febriansyah, Yeni Listiana, Erna Isfayani, Aklimawati, Amam Taufiq Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.