Pengaruh Model Kolaborasi Antar Mapel Terhadap Mathematics Critical Thinking Skills Ditinjau Dari Self-Efficacy Dan Prior Knowledge

Authors

  • Putri Rohmayani Universitas Bhinneka PGRI
  • Rahyu Setiani Universitas Bhinneka PGRI
  • Hikmah Eva Trisnantari Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i2.2817

Keywords:

Model Kolaborasi, Mathematics Critical Thinking Skills, Prior Knowledge, Self-Efficacy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  Pengaruh Model Kolaborasi antar Mapel terhadap Mathematics Critical Thinking Skills yang ditinjau dari Self Efficacy dan Prior Knowledge sehingga adanya interaksi antara Model Kolaborasi Antar Mapel, Self-Efficacy, dan Prior Knowledge. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMKN 2 Boyolangu dan sampel yang digunakan adalah kelas Busana-1 dan Busana-3 dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kan kuisioner. Analisis data meliputi uji kesetimbangan, uji normalitas, ui homogenitas, uji hipotesis dan uji komparasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1)Terdapat perbedaan MCTS dengan diterapkannya Model Kolaborasi Antar Mapel dimana  Fhitung=1.948,6>254,3. (2)Terdapat perbedaan MCTS berbasis AKM ditinjau dari self-efficacy  Fhitung=1.948,5>254,3. (3)Terdapat perbedaan MCTS berbasis AKM ditinjau dari PK Fhitung=603,552>19,50.  (4)Tidak terdapat pengaruh interaksi antara Model Kolaborasi antar Mapel dan Self-Efficacy Fhitung=-4.872,529<254,3, (5)Tidak terdapat pengaruh interaksi antara Model Kolaborasi Antar Mapel dan Self-Efficacy Fhitung=-6.579,946<254,3. (6)Tidak terdapat pengaruh interaksi interaksi antara Self-Efficacy dan PK Fhitung=-3.294,342<19,50. (7)Terdapat pengaruh interaksi antara Model Kolaborasi Antar Mapel Self-Efficacy dan  PK Fhitung=-64,0002<91,50.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusta, A. R. et al. 2021. Inovasi Pendidikan.

Amanda, N. W. Y. et al. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Self Efficacy Siswa.” E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA 4(1):1–11.

Anderson, Eric M. et al. 2023. “Factorial Design.” in Translational Radiation Oncology.

Daimah, Ummu Soim, and . Suparni. 2023. “Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum Merdeka Dalam Mempersiapkan Peserta Didik Di Era Society 5.0.” Sepren 4(02):131–39. doi: 10.36655/sepren.v4i02.888.

Davita, Putri Wulan Clara et al. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa.” TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika 2(2):101. doi: 10.48181/tirtamath.v2i2.8892.

Firmansyah, Muhammad Arie. 2017. “Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Belief Matematikaterhadap Hasil Belajar.” Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 1(1):55. doi: 10.31000/prima.v1i1.255.

Gordah, Eka Kasah, and Reni Astuti. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching Di Stkip Pgri Pontianak.” Prosiding (November):978–79.

Haeruman, Leny Dhianti et al. 2017. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa Sma Di Bogor Timur.” Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika 10(2):157–68. doi: 10.30870/jppm.v10i2.2040.

Hevriansyah, Prana, and Priarti Megawanti. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 2(1):37. doi: 10.30998/jkpm.v2i1.1893.

Hidayat, Rahmat et al. 2019. “Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Dan Kemandirian Belajar.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(3):213. doi: 10.24014/juring.v1i3.5359.

Jumaisyaroh, Tanti et al. 2015. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 5(2):157. doi: 10.15294/kreano.v5i2.3325.

Lestari, Witri. 2017. “Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Analisa 3(1):76. doi: 10.15575/ja.v3i1.1499.

Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora) 5(1):72. doi: 10.36526/js.v3i2.e-ISSN.

Nurhasanah, Nurhasanah et al. 2022. “Pengembangan Model Pembelajaran Teaching Factory.” Jurnal Basicedu 6(5):7986–93. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3723.

Perdana, Novrian Satria. 2019. “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Model Teaching Factory Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 7(1):43–57. doi: 10.37755/jsap.v7i1.116.

Purnamasari, Irma, and Wahyu Setiawan. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika.” Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 3(2):207. doi: 10.31331/medivesveteran.v3i2.771.

Purwasih, Ratni et al. 2020. “Self Efficacy Terhadap Kemampuan High Order Thinking Mathematics Siswa Melalui Pembelajaran Berbantuan Softwere Geogebra.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(1):166. doi: 10.24127/ajpm.v9i1.2663.

Rahayu, Gita Sri Indani, and Luvy Sylviana Zanthy. 2019. “Analisis Kemampuan Berpkir Kreatif Matematis Dan Self Efficacy Siswa SMP Terhadap Soal Persamaan Garis Lurus.” Journal on Education 01(03):243–51.

Rohmat, Aziz Nur, and Witri Lestari. 2019. “Pengaruh Konsep Diri Dan Percaya Diri Terhadap Kemampuan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5(1):73. doi: 10.30998/jkpm.v5i1.5173.

ROHMAYANI, PUTRI, and Ratri Candra Hastari. 2022. “Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Efficacy.” Progressive of Cognitive and Ability 1(2):158–66. doi: 10.56855/jpr.v1i2.32.

Romlah, Siti, and Chandra Novtiar. 2018. “Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mtsn 4 Bandung Barat.” Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 5(1):9–15. doi: 10.29407/nor.v5i1.12087.

Sari, Devi Maya. 2019. “Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Dan Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Di Smp Negeri 20 Palembang.” 12(1).

Saufi, M. 2013. “Mengelola Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika.” Prosiding (November):90–94.

Sudjana. 2005. “Sudjana.” in Metoda statistika.

Wiartis, Wiartis. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp Negeri 6 Batam.” Daiwi Widya 7(5):17. doi: 10.37637/dw.v7i5.673.

Wiharso, Tri Arif, and Helfy Susilawati. 2020. “Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Dan Self Efficacy Mahasiswa Melalui Model CORE.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 9(3):429–38. doi: 10.31980/mosharafa.v9i3.573.

Yamin, Muhammad, and Syahrir Syahrir. 2020. “Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran).” Jurnal Ilmiah Mandala Education 6(1):126–36. doi: 10.58258/jime.v6i1.1121.

Yanto, Nurfitra et al. 2023. “Kajian Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA.” J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology 5(2). doi: 10.36339/jhest.v5i2.103.

Downloads

Published

2024-10-31