Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bireuen

Penulis

  • Miftahul Jannah SD Negeri 1 Bireuen

Kata Kunci:

Kalimat sederhana, metode scramble, pembelajaran

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Menyusun kalimat sederhana dengan menggunakan model pembelajaran scramble pada siswa kelas III SD Negeri 1 Bireuen. Permasalahan yang ditemukan dalam pembelajaran di kelas adalah tidak mampu Menyusun kalimat sederhana. Untuk itu di terapkannya model pembelajaran Scramble dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana. Hasil analisis data pada siklus I menunjukkan hasil observasi terhadap kegiatan guru diperoleh nilai rata – rata 77,69%. Observasi yang dilakukan oleh 2 pengamat terhadap aktivitas siswa diperoleh persentase rata – rata 79,23%. Tetapi ditinjau dari segi hasil, pembelajaran tindakan siklus I belum berhasil. Hal ini karena siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 60%. Pada siklus II observasi terhadap aktivitas guru diperoleh persentase 89,99%. Observasi terhadap aktivitas siswa diperoleh persentase rata – rata 91,53%. Tetapi ditinjau dari segi hasil, pembelajaran siklus II telah berhasil. Hal ini karena siswa yang mencapai nilai ketuntasan mencapai 90%. Dengan demikian, metode pembelajaran Scramble  sangat cocok digunakan untuk materi menyusun kalimat sederhana karena dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas III SD Negeri 1 Bireuen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-09-30

Cara Mengutip

Miftahul Jannah. (2022). Peningkatan Kemampuan Menyusun Kalimat Sederhana dengan menggunakan Model Pembelajaran Scramble pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Bireuen. Aliterasi (Jurnal Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra), 3(1), 17–24. Diambil dari http://journal.umuslim.ac.id/index.php/alt/article/view/1433