Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Literasi Menggunakan APE Berbasis Lesson Study pada Guru dan Pimpinan Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Misnar Misnar Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim Bireuen
  • Zuraini Zuraini Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim
  • Silvi Listia Dewi Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim
  • Misnawati Misnawati Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim
  • Eli Nofriati Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1642

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih keterampilan Guru-Guru PAUD dalam meningkatkan kemampuan high order thinking dalam mengmbangkan literasi membaca dalam penggunaan APE melalui learning community menuju caring community. Pengabdian masyarakat ini menggunakan rancangan berbasis Lesson Study yang dilakukan untuk Guru-Guru PAUD di Kabupaten Bireuen. Metode pengambilan data pada pelatihan ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ada 3 (Tiga) Tahapan dalam pelatihan ini yaitu: (1) menyusun RPPH yang berbasis lesson study (2) para peserta pelatihan melakukan demonstrasi sesuai dengan RPPH yang telah disusun (3) tahap refleksi dimana para peserta pelatihan setelah melakukan demonstrasi pembelajaran melakukan tahap refleksi. Para peserta pelatihan begitu antusias dalam mengikuti pelatihan dimulai dari hari pertama hingga hari terakhir pelaksanaan kegiatan tentang apa itu lesson study dan mengapa lesson study itu perlu untuk diterapkan dalam pembelajaran Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-12-15

How to Cite

Misnar, M., Zuraini, Z., Dewi, S. L., Misnawati, M., & Nofriati, E. (2022). Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Literasi Menggunakan APE Berbasis Lesson Study pada Guru dan Pimpinan Pendidikan Anak Usia Dini . Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2), 52–58. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1642