META ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWPADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
meta analisis, pelajaran IPA, pembelajaran kooperatif tipe jigsawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA bagi siswa Sekolah Dasar melalui hasil-hasil penelitian terdahulu (meta analisis).Penelitian ini menggunakan desain meta analisis, berupa kajian atas sejumlah hasil penelitian dalam masalah yang sejenis. Penelitian ini menggunakan human instrument, yaitu setelah fokus penelitian jelas, dikembangkan instrumen penelitian yang dapat melengkapi data dan membandingkan kembali data yang telah ditemukan sebelumnya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua dokumen tertulis, baik artikel, jurnal atau laporan penelitian tentang pembelajaran IPA di SD menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Jigsaw. Instrumen utama penelitian adalah peneliti dibantu panduan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling, karena data atau informasi yang ingin diperoleh dari sampel ditentukan berdasarkan kesesuaiannya dengan tema penelitian. Analisis data yang digunakan berupa analisis data kuantitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif untuk data-data hasil kajian naratif terhadap penelitian-penelitian yang ditemui.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA yang dikemas dalam aktivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar. Hal ini dapat diteliti menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji t, lebih banyak diterapkan di kelas tinggi dan dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas belajar, serta dapat meningkatkan hasil belajar, baik kognitif, afektif maupun psikomotorik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aminah Aminah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.