PEMBERDAYAAN GURU TAHFIZ MELALUI PENGENALAN METODE-METODE TAHFIZ AL-QUR'AN DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.51179/pkm.v8i1.3122Kata Kunci:
Al-Quran, tahfiz methods , tahfiz teachersAbstrak
Menghafal al-Qur'an dari masa ke masa semakin banyak diminati oleh banyak kalangan bahkan dalam persekolahan dalam sistem pesantren maupun boarding school turut menyelenggarakan program tahfiz al-Qur'an. Beberapa lembaga memiliki metode khusus dalam mencapai target kuantitas hafalan maupun untuk memperkuat hafalan di ingatan, namun tidak semua metode yang ditawarkan sesuai untuk semua individu bahkan terdapat beberapa pelajar yang sudah mencapai kuantitas hafalan yang banyak belum menemukan metode yang sesuai dengan gaya belajar dan mood para penghafal al-Qur'an. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan wawasan kepada para guru tahfiz maupun calon guru tahfiz mengenai metode tahfiz yang berkembang guna mengakomodir keragaman individu dalam proses memperoleh hafalan maupun proses penguatan hafalan. Melalui penerapan active learning dan strategi everyone is teacher here pengenalan metode tahfiz ini mendapatkan respon yang positif sehingga dalam kegiatan pengabdian ini para mahasiswa yang sudah menjadi badal tahfiz memiliki pengalaman mempraktekkan metode pengajaran tahfiz dan siap mengajar tahfiz di lembaga penyelenggara program tahfiz. Dari hasil tersebut diharapkan guru tahfiz bersedia melakukan enrichment dan empowerment metode menghafal al-Qur'an dan menyediakan waktu lebih dalam memberikan pendampingan pada siswa penghafal al-Qur'an dalam menerapkan metode-metode yang dipilih siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


