PENINGKATAN SDM BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI OLAHAN PEPAYA MUDA

Penulis

  • Maryana Maryana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Shalawati Shalawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Maisyuri Maisyuri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • M. Lutfi Alfahmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Cut Muftia Keumala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Cut Muftia Keumala Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Nura Fazilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe
  • Helsy Ramadhanty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.51179/pkm.v7i3.2854

Kata Kunci:

Creative economy, HR, papaya processing

Abstrak

Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep di era ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang utama.  Rahasia ekonomi kreatif terletak pada kreativitas dan keinovasian.   Ekonomi kreatif menitikberatkan pada kekuatan ide dan gagasan yang bertumpu pada kekuatan aspek sumber daya manusia.  Mengoptimalkan kapasitas pemberdayaan sumber daya manusia di Gampong dilakukan dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk mengolah potensi-potensi yang ada disekitar masyarakat serta memberikan penguatan pada komunitas-komunitas yang ada di Gampong.  Gampong Jawa Baru terletak di daerah pesisir kota Lhokseumawe dan di pekarangan rumah warga dijumpai banyak pohon pepaya. Namun pemanfaatan pepaya dikalangan masyarakat Gampong dewasa ini masih kurang optimal dikarenakan kurangnya pengetahuan, ide dan kreativitas dari masyarakat.  Sehubungan dengan permasalahan tersebut, perlu dilakukan pelatihan  terkait pemanfaatan buah pepaya salah satunya yakni olahan stik pepaya.  Metode pelaksanaan kegiatan yang digunakan berupa penyampaian materi, diskusi dan praktik pembuatan produk. Adapun hasil dari pelaksanaan kegiatan PKM adalah dapat menambah pengetahuan dan kreatifitas masyarakat dalam memanfaatkan pangan lokal yaitu pepaya,  dan peserta terlihat sangat antusias bahkan masyarakat mengharapkan adanya pelatihan tentang pengemasan produk dan pemasaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Maryana Maryana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Shalawati Shalawati, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Maisyuri Maisyuri, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Ekonomi Pembangunan

M. Lutfi Alfahmi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Cut Muftia Keumala, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Cut Muftia Keumala, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Nura Fazilah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Helsy Ramadhanty, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Lhokseumawe

Program Studi Akuntansi

Diterbitkan

2024-12-28

Cara Mengutip

Maryana, M., Shalawati, S., Maisyuri, M., Alfahmi, M. L., Keumala, C. M., Keumala, C. M., … Ramadhanty, H. (2024). PENINGKATAN SDM BERBASIS EKONOMI KREATIF MELALUI OLAHAN PEPAYA MUDA . RAMBIDEUN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 7(3), 266–271. https://doi.org/10.51179/pkm.v7i3.2854