PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIRKRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV UPTD SD NEGERI 10 PEUSANGAN PADA MATERISURAT AT-TIN
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran CTL, IPS.Abstract
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh ada siswa yang kurang memahami dan tidak mampu menjelaskan konsep PAI yang diberikan padahal sudah diberikan contoh dan bahan tapi mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami materi PAI sehingga digunakan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas guru dan siswa di kelas IV UPTD SD Negeri 10 Peusangan melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Surat At-Tin. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Sumber data penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar aktivitas dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL untuk kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sebesar 44,44% kriteria kurang baik meningkat menjadi 88,89% kriteria sangat baik pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa kelas IV UPTD SD Negeri 10 Peusangan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase aktivitas guru dan siswa pada setiap siklus mengalami peningkat baik pada guru maupun pada proses siswa mengikuti pembelajaran, dengan nilai rata-rata aktivitas guru yaitu 68,83% kriteria kurang siklus I meningkat menjadi sebesar 88,24% kriteria baik pada siklus II. Untuk aktivitas siswa sebesar 68,83% kriteria kurang siklus I meningkat menjadi sebsar 88,24% kriteria sangat baik. Penggunaan model pembelajaran PBL dapat memberikan dampak positif bagi siswa kelas IV UPTD SD Negeri 10 Peusangan sebesar 78% untuk kriteria senang dan kriteria tidak senang sebesar 22%.
Downloads
References
Affandy, H., et al. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Dinamis di SMA 2 Batik Surakarta. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 25–33.
Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. 2020. Penggunaan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar: (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences 1(2). 22-34.
Akhwani, A., dan Rahayu, D. W. 2021. Analisis Komponen TPACK Guru SD sebagai Kerangka Kompetensi Guru Profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918–1925
Arikunto, S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asriningtyas, A. N., et al. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan berpikir kritis Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM. 5(1). 23-32.
Ariani, Resti Fitria. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Muatan PAI. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(No 3), 422– 432.
Dores, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):242–54. doi: 10.31932/j-pimat.v2i2.889.
Hidayah, R., Salimi, M., & Susianti, T. S. 2017. Critical Thinking Skill: Konsep dan Indikator Penelitian. Taman Cendikia : Jurnal Pendidikan ke SD-an, Vol 1 No 2, 127-133
Karniarti, Mety, dkk. 2018. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teks Nonfiksi. Pendadiktika Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3): halaman 107-110.
Misla, dan Mawardi. 2020. Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 60–65
Mandagi, F. A. M., et al. 2021. Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan berpikir kritis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal MEDIA Elektrik, 19(1), 45–54.
Moleong, L. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.
Marjuki, 2020. 181 Model Pembelajaran Paikem Berbasis Pendekatan Saintifik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurjanah, I. E., et al. 2021. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris PAI Indonesia, 1(2), 108–117.
Portanata, Lia., et al. 2017. Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran PAI SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 3(1), 337-348.
Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426.
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. 2021. Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2): 1077. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/877/pdf
Samsul, A., dan Rony, B. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Kemampuan berpikir kritis Kognitif PAI Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendas Mahakam, 6(2). 162-172.
Simorangkir, Lindawati, Lindawati F. Tampubolon, dkk. 2021. Hypnoteaching: Upaya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis.Pekalongan: NEM
Sulthoniyah, Anni. 2017 Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Aritmetika Sosial. Pendidikan Matematika. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Suciono, Wira. 2021. Berpikir Kritis. Indramayu : Penerbit Adab
Sulaiman. 2020. Problem-Based Learning To Improve Critical Thinking Ability In Indonesia: A Systematic Literature Review. Jurnal Pedagogik, Vol. 07 No. 01, Januari-Juni 2020 ISSN : 2354-7960, E-ISSN : 2528-5793 https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik
Qomariyah, E. N. 2016. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 132–141.
Yusuf.2018. Pengantar Ilmu Pendidikan, Sulawesi: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Rogahang, S. S., Paramansyah, A., Zaelani, K., Iqbal, M., & Judijanto, L. (2024). Inclusive Education Practices: Fostering Diversity and Equity in the Classroom.Global International Journal of Innovative Research,1(3), 260-266.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Meutia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.