Evaluasi Teknik Pemotongan Ternak Unggas Di Pasar Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara

Authors

  • Suryani Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni-Juli Tahun 2023, di Pasar Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Penelitian bertujuan mengevaluasi penyembelihan ternak ayam secara ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) pada tempat pemotongan unggas (TPU) di pasar Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Parameter yang diamati adalah penyembelihan (melafazkan bismillahiallahuakbar atau bismillahir rahmanirahiim, memutuskan trakhea, esophagus dan arteri carotid), penyembelih (islam, baligh, berakal sehat), hewan yang di sembelih (unggas hidup, unggas sehat, menghadap kiblat), dan Alat penyembelihan (Pisau tajam, Pisau tidak berasal dari tulang, kuku dan gigi). Hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa penyembelihan unggas pada tempat pemotongan unggas (TPU) di Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara sebanyak 100% TPU telah menghasilkan unggas aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH) berdasarkan 4 variabel yaitu: pada saat hendak penyembelihan melafazkan basmallah dan memutuskan esophagus, trakhea, arteri carotid, penyembelih beragama islam, baligh dan berakal sehat, hewan yang disembelih adalah unggas hidup, dalam keadaan sehat serta menghadap kiblat, dan alat penyembelihan menggunakan pisau yang tajam dan tidak berasal dari tulang, kuku, dan gigi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Suryani, Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Almuslim

References

Abduh, M. 2016. Studi Perbandingan Konsep Pelaksanaan Penyembelihan Ternak Sapi Antara Rumah Sembelihan (Arbotoir) Gong Medang dan Rumah Sembelihan (Tradisional) di kampung Rawa Besut Terengganu Menurut Hukum Islam. Tesis. Universitas Islam Negeri Suska, hlm.29.

Abubakar. 2018. Mutu Karkas Ayam Hasil Pemotongan Tradisional dan Penerapan Sistem Hazard Analysis Critical Control Point. Jurnal Litbang Pertanian. Balai Penelitian Ternak. Bogor.

Arifin, M. C. 2018. Kamus dan Rumus Peternakan dan Kesehatan Hewan. PT. Gallus Indonesia Utama. Jakarta.

Diningsih, A. 2022. Implementasi Fatwa MUI Nomor 12 Tahun 2009 Tentang Standar Penyembelihan Halal Terhadap Pemotongan Ayam di Rumah Potong Ayam (RPA) Asep Desa Dadisari Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus. Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Muamalah). Fakultas Syari’ah. Universitas Islam Negeri Raden Intan. Lampung.

Direktorat Kesmavet dan Pasca Panen. 2018. Pedoman Produksi dan Persyaratan Daging Unggas yang Higienis. Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. Jakarta.

Murtidjo, B. A., 2018. Pemotongan dan Penanganan Daging Ayam. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Musarofah, K. 2019. Praktik Pengolahan Ayam di Bubut Ayam Syariah Desa Sumoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal. Skripsi. Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Jawa Timur.

Nakyinsige, K., M. Y. B. Che, Z. A. Aghwan, I. Zulkifli, Y. M. Goh, F. A. Bakar, H. A. Al-Kahtani, dan A. Q. Sazili. 2018. Stunning and Animal Welfare from Islamic and Scientific Perspectives. Meat Science. 95: 352-361.

Putra, E. 2021. Kualitas Karkas Ayam Pedaging yang Diberi Ransum dengan Penambahan Bungkil Kacang Kedelai Serta Tepung Daun Indigofera zollingeriana. Skripsi. Fakultas Pertanian dan Peternakan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Rasyid, S. 2019. Fiqh Islam. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Rifai, M. 2017. Jual Beli Ayam Potong yang Tidak Memenuhi Syarat Pemotongan Syar’i (Studi Kasus di Desa Varia Agung Kecamatan Seputih Mataram). Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (HESY). Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. Lampung.

Ritonga, N. N. S. B. R. 2018. Pemotongan Ayam Oleh Pedagang Ayam Potong di Pasar Tradisional Sukaramai Medan Area Kota Medan (Tinjauan Menurut Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal Menurut Fatwa Mui No. 12 Thn 2009). Skripsi. Fakultas Syari’ah dan Hukum. Universitas Islam Negeri (UIN). Sumatera Utara. Medan.

Rony, H., Etwin. F., 2017. Analisis Model Kehalalan Proses Potong Ayam di Rumah Potong Ayam (RPA) di Samarinda. Jurnal Analisis Model Kehalalan. Samarinda.

Sayyid, S. 2019. Fiqih Sunnah 13, Diterjemahkan oleh Kamalaudin A. Marzuki dari Fiqhus Sunnah. PT. Alma’arif. Bandung.

Soeparno. 2014. Ilmu dan Teknologi daging. Skripsi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sucipto., R. I. Wardani, M. A. Kamal, D. T. Setiyawan. 2020. Analisis Teknoekonomi Alat Penyembelihan Ayam untuk Mendukung Implementasi Sistem Jaminan Halal. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. Program Studi Teknologi Industri Pertanian. Universitas Brawijaya. Jawa Timur.

Wibowo, C. H., S. B. Wahjuningsih dan A. R. Sari. 2021. Penyuluhan Kriteria Daging Ayam yang Sehat dan Berkualitas Pada Kelompok Ibu-ibu PKK RT 02 RW 08 Kelurahan Tlogosari Kulon. Jurnal Tematik. Semarang.

Yana, O., Razali, dan M. Jalaluddin. 2018. Penilaian Pemotongan Ayam Ditinjau Dari Aspek Fisik dan Estetika di Rpu Peunayong Kota Banda Aceh. Jurnal Penilaian Pemotongan Ayam. Program Studi Pendidikan Dokter Hewan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Zuhaili. 2019. Halal dan Haram dalam Islam, Alih bahasa oleh Mu’ammal Hamidy. PT Bina Ilmu Surabaya. Surabaya.

Downloads

Published

2024-07-25

How to Cite

Suryani. (2024). Evaluasi Teknik Pemotongan Ternak Unggas Di Pasar Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Lentera : Jurnal Ilmiah Sains, Teknologi, Ekonomi, Sosial, Dan Budaya, 8(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ltr2/article/view/2751

Issue

Section

Artikel Penelitian