PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS INFORMASI PENTING TEKS EKSPLANASI MELALUI MODEL ARTIKULASI DI KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kurangnya keterampilan berbicara siswa dalam memahami teks eksplanasi dari elektronik dengan menggunakan model artikulis dalam menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa melalui model artikulasi di kelas VIIIĀ UPTD SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng pada materi teks ekplanasi dari media elektronik. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas VIII berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi dan format wawancara. Teknik analisis data menggunakan tes ketuntasan, persentase pengamat dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I sebesar 63,16% meningkat menjadi 89,61% pada siklus II. Terdapat peningkatan aktivitas guru dan siswa sebesar sudah sangat baik, nilai rata-rata sebesar 71,17% sedangkan untuk siklus II niai rata-rata sebesar 95,33%. Untuk aktivitas siswa pada siklus I niai rata-rata sebesar 68,82% sedangkan untuk siklus II pengamat I sebesar 93,33% dan pengamat II sebesar 94,66% dengan niai rata-rata sebesar 93,99%.Hasil respon siswa pada model artikulasiĀ pada materi teks ekplanasi dari media elektronik sudah sangat baik, siswa sangat termotivasi belajar menggunakan model tersebut, khususnya pada materi teks eksplanasi dari media elektronik