PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS EKPLANASI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW, WANT, LEARNED PADA SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa masih tergolong rendah, peneliti menggunakan model pembelajaran Know,Want,Learned. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca teks eksplanasi, aktivitas guru dan siswa serta respon melalui strategi pembelajaran Know, Want, Learned pada siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis PTK. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar aktivitas dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan ketuntasan belajar siswa. Kemampuan membaca teks eksplanasi siswa terjadi peningkatan pada pokok bahasan membaca teks eksplanasi. Hasil tes siklus I 63,16% tuntas meningkatkan pada siklus II menjadi 89,47% dan ini mengalami peningkatkan sebesar 26,31%. Aktivitas belajar mengajar antara guru dan siswa telah berlangsung dengan baik. Hasil observasi dua orang pengamat menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I 80% meningkat pada siklus II menjadi 91,76% Aktivitas siswa pada siklus I 80% meningkat pada siklus II menjadi 91,17%. Hasil analisis wawancara siswa sangat senang belajar menggunakan model pembelajaran Know,Want,Learned karena dapat membantu siswa dalam menyelesaikan setiap permasalahan melalui bimbingan dan diskusi kelompok, siswa juga mengatan bahwa mengalami kesulitan belajar materi dengan model pembelajaran Know, Want, Learned, serta siswa senang jika materi lain diajarkan dengan model pembelajaran Know,Want,Learned.