Dikotomi Pendidikan Islam
Kata Kunci:
Dampak, Dikotomi, Pendidikan Islam, SejarahAbstrak
Tulisan ini membahas tentang paradigma dikotomi ilmu Islam, dualisme sistem pendidikan antara pendidikan yang bersifat Khusus dengan pendidikan yang bersifat umum, yang memisahkan kesadaran keagamaan dan ilmu pengetahuan. Untuk mengkaji terjadinya dikotomi maka proses sejarah dan dampaknya bagi masyarakat Islam. Secara historis, cikal bakal dikotomi ilmu pengetahuan dimulai sejak Islam telah berkembang dan menyentuh dengan budaya lainnya. Hal ini terus dikembangkan dalam bentuk cara berpikir dan lembaga pendidikan, dan akhirnya menciptakan jalan dari dikotomi antara ilmu umum berpikir dan agama. Dampak dari ini dikotomi, eksplisit, membuat masyarakat Islam untuk hidup tertinggal dari peradaban Barat.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Iskandar, Jamaluddin, Muhammad Iqbal, Muzzakir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
