Dikotomi Pendidikan Islam

Authors

  • Iskandar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, 24261
  • Jamaluddin Program Studi Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, 23111
  • Muhammad Iqbal Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, 24261
  • Muzzakir Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pascasarjana Universitas Almuslim, Bireuen, Aceh, 24261

Keywords:

Dampak, Dikotomi, Pendidikan Islam, Sejarah

Abstract

Tulisan ini membahas tentang paradigma dikotomi ilmu Islam, dualisme sistem pendidikan antara pendidikan yang bersifat Khusus dengan pendidikan yang bersifat umum, yang memisahkan kesadaran keagamaan dan ilmu pengetahuan. Untuk mengkaji terjadinya dikotomi maka proses sejarah dan dampaknya bagi masyarakat Islam. Secara historis, cikal bakal dikotomi ilmu pengetahuan dimulai sejak Islam telah berkembang dan menyentuh dengan budaya lainnya. Hal ini terus dikembangkan dalam bentuk cara berpikir dan lembaga pendidikan, dan akhirnya menciptakan jalan dari dikotomi antara ilmu umum berpikir dan agama. Dampak dari ini dikotomi, eksplisit, membuat masyarakat Islam untuk hidup tertinggal dari peradaban Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-01-09