Dikotomi Pendidikan Islam
Keywords:
Dampak, Dikotomi, Pendidikan Islam, SejarahAbstract
Tulisan ini membahas tentang paradigma dikotomi ilmu Islam, dualisme sistem pendidikan antara pendidikan yang bersifat Khusus dengan pendidikan yang bersifat umum, yang memisahkan kesadaran keagamaan dan ilmu pengetahuan. Untuk mengkaji terjadinya dikotomi maka proses sejarah dan dampaknya bagi masyarakat Islam. Secara historis, cikal bakal dikotomi ilmu pengetahuan dimulai sejak Islam telah berkembang dan menyentuh dengan budaya lainnya. Hal ini terus dikembangkan dalam bentuk cara berpikir dan lembaga pendidikan, dan akhirnya menciptakan jalan dari dikotomi antara ilmu umum berpikir dan agama. Dampak dari ini dikotomi, eksplisit, membuat masyarakat Islam untuk hidup tertinggal dari peradaban Barat.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iskandar, Jamaluddin, Muhammad Iqbal, Muzzakir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.