Upaya Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis Pada Anak Usia Dini Melalui Media Tutup Botol Di Paud KB IT Al-Hadi
Keywords:
media tutup botol, anak usia dini, kecerdasan logis-matematisAbstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan media tutup botol dalam upaya meningkatkan kecerdasan logis matematis pada anak dilaksanakan dalam dua siklus, dari siklus 1 sampai siklus II, perkembangan anak yang belum tuntas terus menurun. Siklus 1 terdapat 4 anak (40 %) yang belum tuntas. sedangkan pada siklus II semua anak tuntas (100 %). Aktivitas guru pada siklus I belum sepenuhnya diterapkan pembelajaran dengan baik, sehingga perlu dilanjutkan ke siklus II. Aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori cukup (68,42 %), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi (96,15 %) dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak pada siklus I berada pada kategori cukup (63,1 %), sedangkan pada siklus II berada pada kategori sangat baik (84,4 %). Respon anak terhadap pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tutup botol, pada siklus I menunjukkan bahwa tidak semua anak senang belajar dengan permainan media pembelajaran tutup botol, sedangkan pada siklus II semua anak terlihat aktif dan senang belajar dengan permainan media pembelajaran tutup botol.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
Y. Yunmahlizar and R. Rahma, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29.
S. S.-N. Bobbi DePorter, Mark Reardon, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas, Cetakan II. Boston: Kaifa, 2010.
R. N. Stanulis et al., “Korelasi sederhana 10/13/2008 1,” Early Child. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2007.
UU Nomor 20 Tahun 2003, “Sistem pendidikan nasional,” Jakarta Direktorat Pendidik. Menengah Umum, 2003, doi: 10.1016/j.ypmed.2008.01.025.
T. Musfiroh, “Teori dan Konsep Bermain,” Musfiroh, T., Hum, M. (2014). Teor. Dan Konsep Bermain., 2012.
S. Suyanto, “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,” Pendidikan, 2005.
K. Suarca, S. Soetjiningsih, and I. E. Ardjana, “Kecerdasan Majemuk pada Anak,” Sari Pediatr., 2016, doi: 10.14238/sp7.2.2005.85-92.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.
B. Sujiono, M. S. Sumantri, and T. Chandrawati, “Hakikat Perkembangan Motorik Anak,” Modul Metod. Pengemb. Fis., 2014.