Peningkatan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Melalui Celemek Flanel Di TK Al Amin Lhokseumawe

Authors

  • Anggi Melisa Universitas Almuslim
  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim

Keywords:

kecerdasan linguistik, celemek flanel, anak usia dini

Abstract

Berdasarkan hasil observai yang terjadi selama ini interaksi antara guru dan anak saat proses pembelajaran guru masih menggunakan media yang belum tepat, sehingga anak cepat merasa bosan dan jenuh saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan linguistic anak usia dini pada kegiatan bercerita melalui celemek flanel untuk anak kelompok B (5-6). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian tentang peningkatan kecerdasan linguistic anak pada kegiatan bercerita melalui celemek flannel berupa hasil akhir unjuk kerja anak dan hasil observasi aktivitas guru dan anak serta wawancara. Pada siklus I anak yang tuntas dengan persentase 50,88% dan siklus II meningkat menjadi 86,66%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 61,66% meningkat menjadi 89,99% dan aktivitas anak persentase siklus 1 62,01% meningkat 88,33% pada siklus II berdasarkan wawancara hasil respon anak menyatakan senang belajar melalui celemek flannel Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan celemek flanel pada kegiatan bercerita dapat meningkatkan kecerdasan linguistic pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. S.-N. Bobbi DePorter, Mark Reardon, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning Di Ruang-Ruang Kelas, Cetakan II. Boston: Kaifa, 2010.

Kementerian Pendidikan Nasional, “UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.

Y. N. dan B. S. Sujiono, “Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak,” Jakarta: PT Indeks. 2010.

B. Y. A. Aziizu, “TUJUAN BESAR PENDIDIKAN ADALAH TINDAKAN,” Pros. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.24198/jppm.v2i2.13540.

I. Gunawan, “Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik,” Jakarta: Bumi Aksara. 2014.

R. Thakur and A. Natale, “Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Cardiol. Clin., 2009.

K. Suarca, S. Soetjiningsih, and I. E. Ardjana, “Kecerdasan Majemuk pada Anak,” Sari Pediatr., 2016, doi: 10.14238/sp7.2.2005.85-92.

Y. Yunmahlizar and R. Rahma, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29.

F. Fitriani and F. Halim, “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI KEGIATAN BERMAIN KARTU ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A (4-5 TAHUN) DI TK TIARA KOTA LHOKSEUMAWE,” .JUPEGU–AUD J. Pendidik. GURU ANAK USIA DINI, vol. 1, no. 1, pp. 28–33, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/35.

L. Anhusadar, “Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19,” KINDERGARTEN J. Islam. Early Child. Educ., 2020, doi: 10.24014/kjiece.v3i1.9609.

S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Melisa, A. ., & Halim, F. . (2021). Peningkatan Kecerdasan Linguistik Pada Anak Usia Dini Melalui Celemek Flanel Di TK Al Amin Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(2), 47–51. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/951