Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Kelompok B Di TK Negeri Pembina Sawang

Authors

  • Nasra Nasra Universitas Almuslim
  • Berliantika Putri Aswir Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan, berbahasa, berbicara, bercerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam berbicara melalui kegiatan bercerita. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 20 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 13 anak dengan  persentase hanya mencapai 65%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 17 anak dengan persentase 85%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria  skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 71% taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan meningkat di siklus ke II yaitu dengan skor 94% taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 54%. Hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 85% taraf keberhasilan kriteria” Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran berbahasa dalam berbicara serta aktivitas guru dan anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bercerita pada kelompok B (5-6 tahun) di TK Negeri Pembina Sawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

E. Yanti and F. M. Nur, “Mengenal Warna Melalui Permainan Klasifikasi Mampu Meningkatkan Kemampuan Kognitif di TK Al-Bayhaqi Lhokseumawe,” JUPEGU-AUD, vol. 1, no. 1, p. 1, 2020.

Daroah, Menumgkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Di Kelompok B1 RA Perwanida 02 Slawi. 2013.

K. Nina, Pengembangan Bahasa Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2012.

Suhartono, Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia DINI. Jakarta: Depdiknas, 2005.

H. Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yokyakarta: Galah, 2002.

W. Gunarti and dkk, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, 2008.

T. Musfiroh, “Kreativitas Anak Usia Dini dan Implikasinya dalam Pendidikan,” disajikan di hadapan guru-guru Play Gr. dan TK Kreat. Primagam, di PPPG Mat., 2003.

S. B. Bachri, Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi., 2005.

S. dkk, Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. 2010.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Nasra, N., & Berliantika Putri Aswir. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Kelompok B Di TK Negeri Pembina Sawang. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(2), 53–57. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/63