Upaya Peningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Engklek Pada Kelompok B (5-6 Tahun) Di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

Keywords:

Motorik kasar, Permainan Engklek, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan fisik motorik kasar anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak adalah dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar melalui permainan tradisional engklek pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 5 anak dengan persentase 25% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 17 anak dengan persentase 85%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas dikarenakan sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 76% taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 89% taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55%, hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 87% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. https://doi.org/979-692-956-2

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Musfiroh, T. (2012). Teori dan Konsep Bermain. Musfiroh, T., & Hum, M. (2014). Teori Dan Konsep Bermain.

Rahma, Y. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting di TK Al Musdar. JUPEGU-AUD, 1(1), 1–6.

Samsudin. (2005). Pengembangan Motorik di Taman Kanak-Kanak. Kencana Media Grup.

Sujiono, B., Sumantri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Hakikat Perkembangan Motorik Anak. Modul Metode Pengembangan Fisik.

Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdiknas.

Downloads

Published

2021-03-29

How to Cite

Fitriani, F., & Rudy Juli Saputra. (2021). Upaya Peningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Engklek Pada Kelompok B (5-6 Tahun) Di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 23–27. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/61