Menggunakan Media Kartu Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Permulaan

Authors

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Almuslim
  • Muhammad Kharizmi Universitas Almuslim

Keywords:

kartu bergambar, berhitung, Kemampuan kognitif

Abstract

Upaya meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak masih rendah. Salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak adalah dengan menggunakan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus I diperoleh data bahwa anak yang tunas sebanyak 8 anak dengan persentase hanya mencapai 53,33% dan anak yang tidak tuntas sebanyak 7 anak dengan persentase 46,67%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak di siklus II yaitu terjadi peningkatan anak yang tuntas menjadi 13 orang anak dengan persentase 86,67%, dan anak yang tidak tuntas sebanyak 2 anak dengan persentase 13,33%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor yaitu 63,33% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”. Dan terjadi peningkat di siklus II menjadi 89,52% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55,71% pada taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan terjadi peningkatan di siklus II menjadi 84,76% pada taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar pada kelompok B di TK Permata Bunda telah terjadi peningkatan sesuai dengan yang diharapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Suyanto, “Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini,” Pendidikan, 2005.

Y. Yulianti and D. Saputra Suhandi, “Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Pada Pendidikan Abad 21,” J. Cakrawala Pendas, vol. 5, no. 2, pp. 40–44, 2019.

N. H. Salsabila, U. Lu’luilmaknun, D. Novitasari, and R. Y. Tyaningsih, “GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: TANGGAPAN SISWA SMP BERDASARKAN GENDER,” Math. Educ. Apl., vol. 2, no. 1, pp. 25–32, 2020.

Y. Yunmahlizar and R. Rahma, “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29.

Suyadi and M. Ulfah, Konsep Dasar PAUD. 2013.

Dimyanti & Mudjiono, Belajar&Pembelajaran. 2013.

R. Rokhima, S. Khotijah, and I. Sumartiningsih, “Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Materi Pengenalan Angka dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar,” Laplace J. Pendidik. Mat., 2019, doi: 10.31537/laplace.v2i1.194.

A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2022-09-05

How to Cite

Rosdiana, R., & Kharizmi, M. . (2022). Menggunakan Media Kartu Bergambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Berhitung Permulaan. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 6–10. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/552