Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Melipat Kertas Warna Pada Kelompok B Di TK Cut Meutia
Keywords:
Motorik Halus, Melipat Kertas Warna, KeterampilanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan melipat kertas pada kelompok B di TK Cut Meutia Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 24 anak kelompok B di TK Cut Meutia. Keberhasilan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 14 anak dengan persentase hanya mencapai 58% dan yang tidak tuntas sebanyak 10 anak dengan persentase 42%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas meningkat sebanyak 22 anak dengan persentase 92%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 70% pada taraf kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 90% taraf kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 52% hasil tersebut menunjukkan taraf kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 85% taraf kriteria ”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas warna pada kelompok B di Cut Meutia Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen dapat di tingkatkan sesesuai kriteria ketuntasan.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan Nasional, “Uu Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 2003.
“Implementasi Bermain Sambil Belajar Sains Untuk Mengembangkan Minat Dan Karakter Siswa Taman Kanak-Kanak (Tk) Kartini 1 Musuk Boyolali,” Upej (Unnes Phys. Educ. Journal), 2013, Doi: 10.15294/Upej.V2i1.1623.
S. Suyanto, “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, 2015, Doi: 10.21831/Jpa.V1i1.2898.
W. Puspitorini, R. Kurniati, And J. Tangkudung, “Model Pembelajaran Berorientasi Fundamental Denganpermainan Air Untuk Anak 5 - 6 Tahun,” Jpud - J. Pendidik. Usia Dini, 2017, Doi: 10.21009/Jpud.112.11.
Sujarwo, “Kemampuan Motorik Kasar Dan Halus Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Pendidik. Jasm. Indones., 2015, Doi: 10.21831.
S. Sarnawati And A. Arvyaty, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Keterampilan Melipat Kertas,” J. Ris. Golden Age Paud Uho, 2019, Doi: 10.36709/Jrga.V2i1.8305.
T. Wiyati, “Peningkatan Kemampuan Melipat Dengan Media Kertas Warna-Warni Pada Anak,” J. Pelita Paud, 2019, Doi: 10.33222/Pelitapaud.V3i2.524.
Hartono, “Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Kompetensi Pada Anak Usia Dini,” J. Pengetah. Dan Pemikir. Seni, 2007.
R. Fitri And N. Hazizah, “Pelaksanaan Pengembangan Motorik Halus Anak Pada Sentra Seni Dan Kreativitas Di Tk,” Jface J. Fam. Adult, Early Child. Educ., 2019, Doi: 10.5281/Zenodo.2649345.
Ani Widayati, “Penelitian Tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones. Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelit., 2008.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.