Pengaruh Media Kotak Alfabet Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Kelompok B di TK Al-Amin Mardi Lestari
Keywords:
Kotak Alfabet, Kemampuan Mengenal Huruf, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B di TK Al-Amin Mardi Lestari. Pendekatan yang digunakan dengan cara kuantitatif, dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Sampel dipilih menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan 8 subjek untuk kelompok eksperimen dan 8 subjek untuk kelompok kontrol pada anak-anak kelompok B sebanyak 16 anak terdiri 6 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Pengumpulan data yang digunakan yakni melalui analisis deskriptif dan analisis statistik non-parametrik dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Dari hasil pengkajian yang didapatkan menunjukkan bahwa anak-anak dalam kelompok eksperimen yang sudah diberi perlakuan menggunakan media kotak alfabet mengalami peningkatan yang tergolong tinggi dibandingkan dengan kelompok pembanding. Hasil analisis datadiperoleh peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 17,26, sedangkan pada kelompok kontrol. Hasil pengkajian pada kelompok eksperimen menunjukkan nilai Asymp Sig. (2-tailed), 0,011 < 0,05 maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf pada kelompok B di TK AL-Amin Mardi Lestari.
Downloads
References
Adinurani, P. G. (2022). Statistik Non Parametrik (Aplikasi Bidang Pertanian, Manual, dan SPSS). Yogyakarta: Deepublish.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Hijriah, Besse Marjani, Ahmad Afiif, A. A. (2022). Pengaruh permainan kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf di tk.
Lestari, D., Kurnia, R., & Zulkifli. (2022). Pengembangan media kotak huruf untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 3066–3076.
Marwan, M., Misnar, M., Najmuddin, N., Zuhra, I., & Rahma, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Paud Menggunakan Tikar Monopoli Berbasis Lesson Study. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 43. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.9587
Nesi Ratna Sari, Fitriah Hayati, H. (2021). Analisis Kemampuan Mengenal Huruf Abjad pada Anak KELOMPOK A Di TK Bungong Seleupok Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1.
Ni Putu Hery Sri Sumaliwati, Nyoman Jampel, N. M. A. (2015). Penerapan Metode Bermain Dengan Media Kotak Huruf Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak Kelompok B Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Di Tk Wija Kusuma Ii Perean. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).
Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156
Pemerintah Republik Indonesia. (2020). Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pengusahaan Tambang Mineral Batubara. Pemerintah Republik Indonesia, 036360.
Prihantini, A. (2015). Master Bahasa Indonesia: Panduan Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bintang Pustaka.
Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan Guru Dalam Merancang Media Anak Usia Dini Melalui Pendekatan STEAM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189
Rukminingsih, Gunawan Adnan, M. A. L. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Erhaka Utama.
Subando, J. (2021). Teknik Analisis Data Kuantitatif, Teori dan Aplikasi dengan SPPS. Klaten: Lakeisha.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Afabeta.
Sulaiman Saat, S. M. (2020). Pengantar Metodologi Penelitian (Panduan Bagi Peneliti Pemula). Gowa: Pusaka Almaida.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257
Yeni, A., & Hartati, S. (2020). Studi Literatur: Stimulasi Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Permainan Menguraikan Kata Di Taman Kanak-Kanak Alwidjar Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1), 608–616.