Pengaruh Maze Zoo Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan
Keywords:
Maze Zoo, Motorik Halus, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada keterampilan motorik halus yang masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa Pengaruh Maze Zoo Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Harapan Kita Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimental design (nondesigns). Subjek penelitian ini anak yaitu kelas B2 yang berjumlah 15 anak didik yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes perbuatan yang disusun dalam bentuk tes perbuatan untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak di kelas eksperimen dengan menggunakan media Maze Zoo memiliki pengaruh yang signifikan dibanding sebelumnya yang menggunakan media maze Lka terhadap keterampilan motorik halus pada anak, hal ini dapat dilihat dari hasil data yang di analisis pada sebelum diberikan perlakuan menggunakan media maze zoo rata-rata nilai yang dadapatkan adalah 16,13 kemudian diberikan perlakuan treatment dengan diprolehnya rata-rata 17,77. Kemudian dilakukan test akhir (posttest) yang menunjukkan bahwa setelah dilakukannya analisis mengalami kenaikan dan peningkatan rata-rata yaitu 21,07, hal ini menunjukkan bahwa keterampilan anak dalam penelitian ini memproleh hasil peningkatan dari yang sebelum dan yang sesudah dilakukannya perlakuan. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Maze Zoo memiliki pengaruh terhadap keterampilan motorik halus pada anak di TK Harapan Kita Pesisir Selatan.
Downloads
References
Dewi, N. K., & Surani. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195.
Febrina, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Maze Alur Tulis Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, November.
Kisno, Sari, A. H., Jannah, M., & Syafitri, A. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Menggunakan Teknik 3m (Melipat,Menggunting Dan Menempel) Pada Anak Usia Sekolah Dasar Kelas Awal : Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (IJIGAED), 2(1).
Ma’artu, A. S., Yasbianti, & Muslihin, H. Y. (2018). Penggunaan Alat Permainan Edukatif ( APE ) Maze Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Paud Angapedia, 2(2), 175–186.
Muhammad Akhlis Rizza, Ratna Monasari, Etik Puspitasari, & Kris Witono. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Sosialisasi Keselamatan Bermain Outdoor Bagi Paud Bina Cendikia Desa Sidorejo Kabupaten Malang. Jurpikat (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3). Https://Doi.Org/10.37339/Jurpikat.V2i3.681
Munawaroh, Umi, A., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Maze Alur Tulis Pada Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Modern., 5, 12–21.
Nofianti, R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini. 13(1), 115–130.
Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (Jupegu-Aud), 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156
Nurhafizah. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Early Childhood, 2(2), 1–10.
Nurjani, Y. Y., Jubaidah, E., Nurjayanti, S., & Aliyah, S. (2019). Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Musaddadiyah Garut. 3(2), 85–92.
Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal Of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. 4(1), 91–100.
Putriana, D., Sit, M., Basri, M., Islam, U., & Sumatera, N. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Bermain Maze. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/ga
Rahma, R., & Rizki, S. (2022). Efforts For Children’s Fine Motor Development Through Coloring Schedule Media In Group B Children At TKN Permata Hati. Ecrj (Early Childhood Research Journal) Issn Numbers: Print202, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj
Rahma, R., & Yunmahlizar, Y. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting Di Tk Al Musdar. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (Jupegu-Aud), 1(1), 1–6.
Rizki, S., Rahma, R., Riswandi, R., Halim, F., Sarah, S., & Ulya, S. (2022). Implementasi Pembuatan Ape Dalam Kegiatan Bermain Melalui Pelatihan Clay Art Dan Seni Di Desa Dayah Mesjid. Aceh Journal Of Community Engagement, 3(5), 31–36. https://doi.org/10.51179/ajce.v1i1.1408
Virianingsih, P., Tegeh, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Alat Permainan Edukatif Maze Dua Sisi (Madasi) Untuk Menstimulasi Keterampilan Sensori Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 117. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.33864
Wijayanti, A. (2018). Pengembangan Permainan Maze Tiga Dimensi Pada Pembelajaran Fisik Motorik Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak, 16(3), 276–283.
Yunmahlizar, Y., & Rahma, R. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting Di Tk Al Musdar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Jupegu-Aud), 1(1), 1–6. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29