Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Bermain Puzzle Untuk Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Teunom Aceh Jaya
Keywords:
Bermain puzzle, Anak usia dini, Kemampuan kognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui kegiatan bermain puzzle pada kelompok B di RA Teunom Aceh Jaya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi subjek penelitian yaitu 23 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan terlihat dari hasil perkembangan kognitif anak pada rata-rata siklus 1 presentase 9% anak mulai berkembang sesuai harapan dan mengalami peningkatan rata-rata siklus 2 presentasenya menjadi 83% anak berkembang sesuai harapan dari hasil tersebut dinyatakan behasil dikarenakan sesuai dengan kriteria indikator penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai minimum berkembang sesuai dengan harapan pada akhir tindakan. Dengan demikian melalui kegiatan bermain puzzle dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak serta menciptakan suasana pembalajaran yang lebih menarik dan bervariasi.
Downloads
References
Yunmahlizar And Rahma, “Upaya Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Menggunting Di Tk Al Musdar,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1, Pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: Http://Jfkip.Umuslim.Ac.Id/Index.Php/Jupegu-Aud/Issue/View/71.
R. Thakur And A. Natale, “Peraturan Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini,” Cardiol. Clin., 2009.
H. Zaini And K. Dewi, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini,” Raudhatul Athfal J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, 2017, Doi: 10.19109/Ra.V1i1.1489.
R. N. Dan Komariah, “Perkembangan Kognitif Dalam Mengenal Bilangan Dan Lambang Bilangan Melalui Permainan Matematika,” Antol. Upi, 2016.
Y. N. Sujiono, “Hakikat Pengembangan Kognitif,” Metod. Pengemb. Kogn., 2013.
Sachs B. A.&Wolfman, “Perkembangan Kognitif,” J. Chem. Inf. Model., 2013.
P. E. Langford And P. E. Langford, “Piaget,” In Approaches To The Development Of Moral Reasoning, 2018.
U. Khiyarusoleh, “Konsep Dasar Perkembangan Kognitif Pada Anak Menurut Jean Piaget,” Dialekt. Jur. Pgsd, 2016.
L. Maghfuroh, “Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada,” Endurance, 2018.
I. Kaluas, A. Ismanto, And R. Kundre, “Perbedaan Terapi Bermain Puzzle Dan Bercerita Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) Selama Hospitalisasi Di Ruang Anak Rs Tk. Iii. R. W. Mongisidi Manado,” J. Keperawatan Unsrat, 2015.
A. A. Syukron Al Mubarok And A. Amini, “Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Angka Melalui Metode Bermain Puzzle Angka,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 2019, Doi: 10.31004/Obsesi.V4i1.221.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.
A. Suharsimi, “Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi),” Jakarta: Rineka Cipta, 2013, Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, 2006.