Analisis Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Medan

Authors

  • Astri Sunya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Afni Aspah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Arifa Yasmin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurlaili Nurlaili Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

Anak usia dini, Perkembangan Bahasa , Perkembangan kognitif

Abstract

Dalam penelitian ini dapat mengetahui dan mengatasi perkembangan bahasa pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanl Athfal Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan bahasa anak usia dini yang sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kota Medan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perkembangan bahasa pada anak belum optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu didikan orangtua di rumah dan lingkungan sekitarnya sehingga kegiatan yang dapat mengembangkan perkembangan bahasa pada anak di sekolah tidak dapat dilakukan secara maksimal. Peran seorang guru dalam upaya pengembangan perkembangan bahasa pada anak dapat dilakukan dengan mendorong, membimbing dan memotivasi anak agar anak usia dini mampu untuk lebih dalam mengembangkan perkembangan bahasa anak, hal ini dapat terlaksana karena perlu adanya komunikasi juga kerjasama antara guru dan orangtuanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriana, D. (2017). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak Edisi 2. Penerbit Salemba Medika.

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya.

Marwan, M., Misnar, M., Najmuddin, N., Zuhra, I., & Rahma, R. (2023). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Paud Menggunakan Tikar Monopoli Berbasis Lesson Study. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 43. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1.9587

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosda Karya.

Nurhadijah, N., Rahma, R., & Salpina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Mengenal Kosa Kata Melalui Cerita Bergambar Pada Kelompok B (5-6 Tahun). Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 2(2), 59–64. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1156

Pratiwi. (2016). Pola Asuh Orang Tua Berhubungan dengan Perkembangan Bahasa Anak. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Srakarta.

Rahma, R., & Rizki, S. (2022). Efforts For Children’s Fine Motor Development Through Coloring Schedule Media In Group B Children at TKN Permata Hati. ECRJ (Early Childhood Research Journal) ISSN Numbers: Print202, 2655–9315. http://journals.ums.ac.id/index.php/ecrj

Santrock, J. . (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.

Sobur A. (2017). Filsafat Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Soedjaatmiko. (2018). Tumbuh Kembang Anak. EGC.

Suherman. (2016). Perkembangan Anak. EGC.

Yanti, E., & Rahma, R. (2020). Mengenal Warna Melalui Permainan Klasifikasi Mampu Meningkatkan Kemampuan Kognitif di TK Al-Bayhaqi Lhokseumawe. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 1(1). http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/37

Yuniarti, S. (2015). Asuhan Tumbh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Prasekolah. Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Sunya, A., Aspah, A., Putri, A., Yasmin, A., & Nurlaili, N. (2023). Analisis Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Medan. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(2), 11–14. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1668