Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jaritmatika Pada Kelompok A Di TK Tunas Harapan Dewantara

Authors

  • Suryany Suryany UniversitasAlmuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim
  • Nanda Safarati Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Metode Jarimatika, Anak Usia Dini

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok A di TK Tunas Harapan masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak adalah dengan menggunakan metode jaritmatika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode jaritmatika pada kelompok A di TK Tunas Harapan. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Adapun keberhasilan unjuk kerja anak siklus I diperoleh data anak yang tuntas sebanyak 4 anak, kemudian pada siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas meningkat yaitu sebanyak 9 anak dengan persentase 90%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase guru yaitu 70% dan aktivitas anak 55%. Pada siklus II observasi guru meningkat dengan skor persentase 88% dan observasi anak juga meningkat menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jaritmatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok A di TK Tunas Harapan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369

Dewi K & Herman Z. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Djargo, T., & Guntur, H. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Cet 1). Angkasa Bandung.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia DINI. Depdiknas.

Sujiono, Y. N. (2013). Hakikat Pengembangan Kognitif. Metode Pengembangan Kognitif.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Suryany, S., Juli Saputra, R., & Nanda Safarati. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Jaritmatika Pada Kelompok A Di TK Tunas Harapan Dewantara. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(2), 57–60. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/151