Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar

Authors

  • Nurul Maqhfirah Universitas Almuslim
  • Muhammad Kharizmi Universitas Almuslim
  • Salpina Salpina Universitas Almuslim

Keywords:

Kemampuan Kognitif, Berhitung Permulaan, Media Kartu Bergambar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar dan untuk peningkatan aktivitas guru dan anak pada kegiatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar pada kelompok A di PAUD Pesisir Anak Nelayan. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Pesisir Anak Nelayan, Peudada, Kabupaten Bireuen dengan sampel penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat reflektif. Instrumen penelitian berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Kedua, media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Oleh karena itu, media ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam aktivitas berhitung permulaan di Taman Kanak-kanak (TK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA DINI DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif). https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369

Azhar, A. (2008). Media Pembelajaran. Meedia Pembelajaran. https://doi.org/media pembelajaran

Depdiknas. (2000). Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak (p. 2). Direktorat Pendidikan Dinas Peningkatan Mutu Taman Kanak-kanak.

Suciati. (2019). Upaya Meningkatkan kemampuan Mengenal Lambang Bilangan dan Berhitung dan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Media Kartu Angka pada Kelompok B di TK Pertiwi I Kota Jambi. Jurnal Literasiologi, 2(2), 48–63.

Suryadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Pedagogia.

Susanto, A. (2011). Perkembangan anak usia dini. Kencana Prenada Media.

Yunmahlizar, Y., & Rahma, R. (2020). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNTING DI TK AL MUSDAR. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD), 1(1), 1–6. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/29

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Nurul Maqhfirah, Muhammad Kharizmi, & Salpina, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Berhitung Permulaan Pada Anak Kelompok A Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar . Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 3(1), 21–24. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1169