Peningkatan Keterampilan Bahasa pada Anak Kelompok A Melalui Media Pop Up Cerita Bergambar

Authors

  • Zuhra Universitas Almuslim
  • Fauziatul Halim Universitas Almuslim
  • Rudy Juli Saputra Universitas Almuslim

Keywords:

Keterampilan Bahasa, Media pop up, Cerita bergambar

Abstract

Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media pop up cerita bergambar pada Kelompok A TK Negeri Bandar Dua Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa reseptif anak melalui kegiatan mewarnai mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Pada tindakan 1 siklus 1, aspek Anak dapat merespon cerita 100 anak yang tuntas dengan persentase 100%, pada aspek Anak dapat Mengulang katadalam cerita yang tuntas ada 15 anak dengan persentase 83%, pada aspek Anak dapat menyebutkan tokoh dalam cerita yang tuntas ada 15 anak dengan persentase 83%, pada Anak dapat menyanyikan lagu sesuai tema ada 14 anak dengan persentase 77%, pada Anak dapat bercerita pengalaman sederhana ada 16 anak dengan persentase 88%, pada Anak dapat memerankan tokoh dalam cerita ada 16 anak dengan persentase 88%, dan pada Anak dapat merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru ada 17 anak dengan persentase 94 %. Kemampuan bahasa  reseptif anak mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sampai siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi K & Herman Z. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Fitriani & Fauziatul Halim. (2020). Upaya Meningkatkan Kemamuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada Kelompok A (4-5 Tahun) di TK Tiara Kota Lhoksemawe. JUPEGU-AUD: Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 01(01).

Gutara, M. (2017). Layanan penguasaan konten untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum bagi siswa. Universitas idraprasta PGRI Jakarta.

Hanifah, tisna umi. (2014). Pemanfaatan media Pop-up book berbasis tematik untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak usia 4-5 tahun (studi eksperimen di TK Negeri Pembina bulu tumanggung). Universitas Negeri Semarang.

Morrison, S, G. (2012). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PTIndek.

Mustofa, I. (2018). Meningkatkan kemampuan berbicara melalui media Pop up book pada anak kelompok B TK PGRI 01 Bendosari Kecamatan Tulungagung. In Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia DINI. Depdiknas.

Zaim, M. (2014). Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural. Pres.

Downloads

Published

2022-03-29

How to Cite

Zuhra, Fauziatul Halim, & Juli Saputra, R. (2022). Peningkatan Keterampilan Bahasa pada Anak Kelompok A Melalui Media Pop Up Cerita Bergambar . Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 3(1), 17–20. Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/1168